Sukses

Ratu Horor Telah Berpulang

DUKA mendalam dirasakan Cliff Sangra. Suzanna Martha Frederika van Osch, istri Cliff meninggal di Magelang, Jawa Tengah, Rabu silam pukul 23.15 WIB. Kematian Suzanna begitu mendadak. Tepat setelah wanita kelahiran Bogor, Jawa Barat, 13 Oktober 1942 itu minum susu sebelum tidur.

DUKA mendalam dirasakan Cliff Sangra. Suzanna Martha Frederika van Osch, istri Cliff meninggal di Magelang, Jawa Tengah, Rabu silam pukul 23.15 WIB. Kematian ini begitu mendadak. Tepat setelah wanita kelahiran Bogor, Jawa Barat, 13 Oktober 1942 itu minum susu sebelum tidur.
Cliff sempat berbincang dengan sang istri yang mengidap diabetes menahun. "Nggak ada yang kritis, sehat kok langsung dalam hitungan detik," ucap Cliff yang dihubungi melalui telepon, Kamis (16/10) malam. Jasad Suzanna dimakamkan di Pemakaman Umum Giriloyo, Magelang, kemarin siang. Berdampingan dengan makam Adrianus, putra sulung Suzanna dan Irene Federica van Osch, kakak dia.
Menurut Cliff, Suzanna mewasiatkan agar dikuburkan dalam busana serba putih. Rangkaian bunga melati diletakkan di tangan dan dada bintang film Hantu Ambulance itu. Termasuk dua bantal merah yang diletakkan di peti mati berwarna cokelat.
Saat dimakamkan, tak banyak keluarga dan tetangga Suzanna yang datang. Termasuk kakak Suzanna yang tinggal berdekatan dengan rumah dia. Sementara prosesi pemakaman berlangsung sangat tertutup. Yang hadir cuma Cliff, Rama, putra angkat Suzanna, ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, seorang dokter dan sejumlah personel polisi. Kiki Maria, putri Suzanna dan Abriharso Priharto Boyoh, suami Kiki, tidak datang.
Kematian Suzanna yang ditutup-tutupi seolah menguak sisi misterius dia. Konon, peran Suzanna di film horor berdampak pada kehidupan sehari-hari. Ia kerap menjalankan ritual pertapaan di Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Suzanna juga kerap menyambangi sebuah kamar yang diakui kamar Nyi Roro Kidul di sebuah hotel di Pelabuhan Ratu, Sukabumi.
Kehidupan pribadi Suzanna juga diwarnai konflik internal. Pada 14 November 2005, Cliff menembak Abriharso menggunakan peluru karet. Selang setahun kemudian kasus penembakan itu bergulir di meja hijau. Majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Malang pada Juli 2006 memvonis empat bulan penjara bagi Cliff.
Sejak itu hubungan Suzanna dan Kiki memburuk. Pemeran Nyi Blorong di judul yang sama ini jarang bertemu Kiki. Kiki adalah putri hasil hubungan dengan Dicky Soeprapto, suami pertama Suzanna. Mereka menikah pada 1960. Suzanna dan Dicky dikaruniai dua anak, Adrianus dan Kiki. Usia perkawinan mereka cuma bertahan 14 tahun.(As)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini