Sukses

Jadi Jenderal Soedirman, Adipati Dolken Sampai Susut 9 Kg

Totalitas Adipati Dolken dalam film Jenderal Soedirman. Bagaimana cerita serunya?

Liputan6.com, Jakarta Adipati Dolken mendapat peran penting dalam sebuah film bertema sejarah bertajuk Jenderal Soedirman. Membuktikan totalitas dirinya pada pahlawan itu dan pada Tanah Air, Adipati tak main-main. Bintang film Sang Kiai ini rela menurunkan berat badannya, tak tanggung-tanggung yaitu sembilan kilogram.

"Sembilan kilogram itu selama dua minggu. Dari 67 kg sampai ke 58 kg. Tetapi waktu syuting lama-lama makin gemuk lagi, karena makannya teratur," ujar Adipati Dolken ketika berkunjung ke Liputan6.com, Senin (3/8/2015).

Liputan6.com/Faisal R Syam

baca juga: Sore Ini, Live Streaming Ngobrol Bareng Adipati Dolken

Pertama kali mendapat peran besar dalam film yang disutradarai Viva Westi dan diproduseri oleh Sekar Ayu Asmara ini, Adipati Dolken mengaku perasaannya campur aduk. Tak disangkal, Jenderal Soedirman adalah sosok yang sangat berpengaruh ketika gerilya Agresi Militer Belanda kedua berlangsung.

Untuk itu, aktor peraih penghargaan FFI untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik tersebut tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Adipati mencoba yang terbaik.

"Waktu dibilang saya jadi Jenderal Soedirman seneng banget iya, deg-degan iya, lalu merasa memegang tanggung jawab besar banget iya. Tantangannya, sebelum film ini jadi saya harus bisa jadi Jenderal Soedirman. Dari segi fisik jauh, karena itu yang bisa saya lakuin cuma ngurusin badan dan ngitemin badan. Muka sudah nggak bisa disamaain. Sisanya, di segi akting diperdalam itu tantangan paling besar," jelas Adipati lagi.

Selain mempelajari sejarah dan pengetahuan lain tentang Jenderal Soedirman, Adipati Dolken dan dan Ibnu Jamil yang memerankan Tjokropranolo atau Kapten Nolly juga harus mengikuti semacam latihan militer (bootcamp) bersama tentara di Situ Lembang, Bandung. Film yang juga dibintangi Lukman Sardi dan Mathias Muchus ini direncanakan rilis pada 27 Agustus 2015 mendatang. (Put/fei)

Liputan6.com/Faisal R Syam

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini