Sukses

Belajar dari Kasus Prilly, `Shiper Couple` Tak Boleh Keterlaluan

Akun @anajutek51_part2 disebut-sebut sebagai orang yang kelewat menghina Prilly Latuconsina.

Liputan6.com, Jakarta Bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala, Prilly Latuconsina tersandung kasus foto bugil hasil rekayasa. Jumat (31/7/2015) lalu, Prilly mendatangi Polda Metro Jaya melaporkan dua akun haters atau pembencinya.

Salah satu akun ditengarai sebagai pembuat dan penyebar foto bugil rekayasa itu. Sementara itu, satu akun lain dilaporkan lantaran dianggap sudah kelewatan mem-bully Prilly di dunia maya.

Nah, salah satu akun tersebut--yang kelewatan menghina Prilly--ramai diperbincangkan fans Prilly di Twitter hari-hari.

Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina (liputan6.com/Panji Diksana)

Sebuah akun bernama @anajutek51_part2 disinyalir adalah akun tersebut. Menurut pembicaraan fans Prilly, komunitas Prillivers, yang turut membantu mengungkap kasus tersebut, Ana adalah fans yang cukup sering datang ke lokasi syuting Ganteng Ganteng Serigala untuk bertemu Prilly, foto bersama, memberi bingkisan dan segala hal yang biasa dilakukan seorang fans untuk artis idolanya.

Belakangan juga diketahui jika Ana adalah fans berat pasangan Aliando dan Ghina Salsabila. Siapa Ghina, di bawah akan dijelaskan lebih jauh.

Ini wajah cewek yang menghina Prilly Latuconsina

Pertama yang hendak dijelaskan lebih dulu adalah sebutan khusus bagi fans yang mengidolakan pasangan atau couple. Sebutannya kini dikenal dengan istilah "shiper couple". Apa itu shiper couple?

Istilah shiper couple tak asing di dunia pecinta K-Pop-ers (Korean Lovers) dan diidentikan dengan seorang fans yang mendukung sebuah "couple" dan menganggap pasangan itu nyata.

Prilly Latuconsina [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

Awal munculnya istilah ini berkaitan dengan fan fiction, sejenis cerita bersambung bikinan fans yang mewabah di jejaring blog di Korea sana. Serial The X-Files bikinan Amerika dengan tokohny Mulder-Scully yang dimainkan dengan penuh chemistry oleh David Duchovny dan Gillian Anderson, menjadi pionirnya. Banyak fans The X-Files yang mengidamkan Duchovny dan Anderson jadi pasangan betulan di dunia nyata.

Kata "shiper" pada awalnya tidak ada, yang ada adalah kata "ship" yang merupakan penggalan dari kata "relationship". "Mulder-Scully" relationship, sering disingkat oleh penggemarnya menjadi "Mulder-Scully" SHIP. Kemudian para reader yang menggemari pairing couple ini menamai diri mereka "shiper" yang diambil dari kata "worshiper" yang artinya pemuja atau penggemar.

Kata "shiper" kemudian juga tak hanya diperuntukan untuk para penggemar dari couple yang diidamkan pacaran saja. Di kalangan para penggemar anime maupun film Hollywood, misalnya, sebutan shiper juga berlaku untuk penggemar pasangan persaudaraan atau lebih tepatnya disebut "brother-ship". Nah, "ship" dari kata "brothership" itu juga dipakai penggemar pairing brothership (couple persaudaraan yang sangat dekat) menjadi kata "shiper" juga.

Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Namun, makna shiper di kalangan fans seleb di Indonesia lebih dikenal dengan arti seorang penggemar, pendukung atau pemuja dari dua orang yang menjadi couple di layar kaca dandiinginkan memiliki hubungan istimewa atau pacaran sungguhan.

Lalu, apa hubungannya dengan kasus Prilly?

Ana disebut-sebut adalah shiper couple Ali-Ghina. Ghina Salsabila bukan nama asing di kalangan Alicious, komunitas fans berat Aliando. Ghina dikenal sangat dekat bahkan dirumorkan pacar Aliando, sebelum tenar berkat main di GGS. Ia adalah bintang sinetron remaja seangkatan dengan Prilly. Mereka bahkan main bareng di Get Married The Series yang tayang di SCTV pada 2010 lalu. Ghina dan Prilly juga diketahui bersahabat dengan Gritte Agatha, pemeran utama sinetron tersebut.

Hubungan Prilly dan Ghina dikabarkan merenggang sejak Prilly dipasangkan dengan Aliando di GGS. GGS Lovers kepincut keromantisan karakter mereka, Digo-Sisi yang bikin meleleh siapapun yang menontonnya. Ditambah pemberitaan media yang begitu mengekspose keduanya. Komunitas shiper couple mereka, dinamakan Ali-Prilly Lovers atau disingkat APL lalu muncul dimana-mana. Tenggelam sudah shiper couple Ali-Ghina.

Mungkin, Ana salah satu shiper couple Ali-Ghina yang merasa kecewa dan dendam lalu melampiaskan kekesalannya di sosial media. Ia yang kadung begitu memuja dua idolanya menganggap Prilly sebagai musuh yang layak dihina habis-habisan. Bahkan memfitnah Prilly sudah tak perawan segala. Menurut beberapa fans Prilly, padahal Ana baru berusia 15 tahun. Dan sayangnya ia tak tahu ada konsekuensi dibalik semua tindakannya yang kelewat batas tersebut.

Seperti kita ketahui, ada hukuman bagi pembuat fitnah di UU no 11 tahun 2008 tentang ITE. Jadi, alangkah baiknya untuk fans dan haters (pembenci) agar berhati-hati menjaga ucapan di media sosial.

Lalu, bagaimana reaksi Prilly begitu mengetahui jika benar pelaku adalah fans yang ternyata baru berusia 15 tahun?

Prilly yang nampak ceria namun juga letih saat diwawancara infotainment di lokasi syuting GGS di kawasan Buperta, Kamis (6/8/2015) kemarin, berusaha bersikap bijak tapi juga tegas.

"Kalau pelakunya orang dewasa atau seumuran sama aku, ya aku mau tanya kenapa dia melakukan itu? Tapi kalau orangnya masih kecil atau di bawah umur, aku sih mau nasehatin aja. Tapi kan ini udah dilaporin dan nanti hari Senin (10/8/2015) juga mau ke Polda lagi buat lanjutin perkembangan kasusnya. Kayaknya nggak bisa dicabut karena udah parah banget kan," urai Prilly Latuconsina.

Nah, buat shiper couple, bolehlah memuja couple dari sinetron atau kehidupan asli. Tapi juga hendaklah berpikir secara waras. Hal ini tak hanya merugikan diri sendiri tapi juga nama baik idolanya, bukan?(Puj/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini