Sukses

REVIEW Sinetron Pangeran, Cerita Pesantren Ketemu Fantasi

Setelah Ganteng Ganteng Serigala, Ricky Harun main sinetron terbaru, Pangeran di SCTV.

Liputan6.com, Jakarta Ricky Harun, pemeran Galang di Ganteng Ganteng Serigala cukup lama meghilang di sinetron tersebut bahkan hingga ke episode terakhirnya Sabtu (8/8/2015) lalu. Kita tahu ia syuting untuk sinetron terbarunya, Pangeran.

Sinetron ini baru saja resmi tayang Senin (10/8/2015) ini. Seperti apa ceritanya?

Alkisah, Pangeran (Ricky Harun) anak tunggal keluarga kaya raya (diperankan Teddy Syah). Hobinya kebut-kebutan motor di jalan raya sebelum berangkat sekolah. Suatu hari, tak disengaja sang ayah memergokinya balapan lagi ketika ia akan berangkat ke kantor. Mobil ayahnya hampir bertabrakan dengan motor Pangeran. Tapi Pangeran yang tak tahu, di dalam mobil ada ayahnya malah menghina dan kabur begitu saja.

Ricky Harun bermain dalam sinetron `Pangeran`

Ayahnya mengejar Pangeran ke tempat ia dan teman-temanya berkumpul lalu meneleponnya. Sudah ketahuan, tetap saja Pangeran yang super badung ini melarikan diri. Tak lama sang ayah mendapat telepon dari kepala sekolah. Pangeran sudah 30 hari membolos dari sekolah. Ayah murka.

Pangeran pulang ke rumah seperti tak terjadi apa-apa. Tapi ia heran melihat banyak orang berkumpul di depan rumah dengan pakaian serba hitam dan ada bendera kuning pula. Begitu masuk rumah, betapa kagetnya ia melihat sang ayah sudah ditutupi kain layaknya orang yang sudah meninggal.

Pangeran histeris. Ia menangis. Lalu terucaplah janji ia akan jadi anak yang baik dan tak berbuat ulah lagi asal sang ayah bangun.

Tapi kemudian tahu-tahu sang ayah benar-benar bangun. Hanya Pangeran yang kembali kaget. Ternyata ia dikerjai ayah dan semua orang. Awalnya ia mengelak namun sang ayah menyita semua fasilitas, mobil, atm, motor. Pangeran akan mendapatkan itu kembali dengan syarat menjalani pendidikan di pesantren. Pangeran pun menyanggupi.

Ricky Harun memperlihatkan dirinya sedang di lokasi syuting Pangeran. (foto: instagram.com/rickyharun)

Cerita Fantasi di Pesantren

Namun, pesantren tersebut ternyata berada di pedalaman. Semua fasilitas yang diberikan sang ayah tak berguna lagi. Pangeran pun mau tak mau tinggal di pesantren seperti santri yang lain. Di sana ia satu kamar dengan Iman (Hardy Fadilah) dan Ghozali (Rifat Sungkar). Juga bertemu Aida (Nina Zatulini), anak Kiai Makmun (Adam Jordan) sang pemilik pesantren.

Saat subuh, Pangeran mendadak menghilang. Semua santri panik mencari. Pangeran lalu ditemukan di sungai. Ia sendiri tak tahu kenapa bisa sampai di sana. Pak Kiai lalu menghukumnya bersama Iman dan Ghozali mencari kayu bakar. Ketika mencari kayu inilah, ia melihat hutan. Iman dan Ghozali mengatakan kalau itu Hutan Terlarang. Tapi Pangeran yang penasaran malah masuk meski telah dilarang.

Setelah masuk ternyata ia tak bisa keluar dan bertemu seorang kakek yang berubah dari seekor macan putih. Ternyata Pangeran adalah cucu Prabu Siliwangi. Ia menebang pohon keramat yang ternyata berisi banyak siluman. Pohon tumbang, siluman-siluman pun bebas. Inilah konflik awal sinetron Pangeran.

Awalnya banyak yang mengira Pangeran mengikuti alur cerita Pesantren & Rock n' Roll (2013). Tapi ternyata sinetron produksi Amanah Surga Production ini memilih menggabungkan kisah di pesantren dan fantasi masa kerajaan.

Idenya bagus, namun apakah penonton akan suka? Bisa jadi.

Apalagi untuk episode pertama ini sangat menghibur dari mulai hingga habis. Ricky Harun bermain sangat total dan layak dapat pujian. Dan terbukti, dari laporan rating yang saya terima, sinetron Pangeran meraih rating nomor wahid dengan angka 4,6 dan share 21,6 persen.** (Puj/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.