Sukses

Digarap Mahasiswa, Film 'From Seoul to Jakarta' Juara di Madrid

Sebelumnya, film From Seoul to Jakarta juag mendapat enam nominasi di ajang St. Tropez International Film Festival, Prancis.

Liputan6.com, Jakarta Film From Seoul To Jakarta garapan sutradara Damien Dematra membawa piala kemenangan dalam Madrid Internasional Film Festival beberapa waktu lalu. Sebelumnya, film yang sama juga mendapat enam nominasi di St.Tropez International Film Festival, Prancis.

Ternyata dalam penggarapan film tersebut, Damien Dematra diperbantukan oleh para mahasiswa dari Universitas Mercu Buana, yang ingin menyelesaikan studinya S1-nya.

"Kami memberdayakan mahasiswa dari Universitas Mercu Buana (UMB). Kebetulan kami kerja sama juga dengan UMB untuk film ini," kata Damien Dematra ditemui di kawasan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015).

Sutradara film From Seoul to Jakarta, Damien Dematra [Foto: Sapto Purnomo/Liputan6.com]

Tak sembarangan, selaku sutradara Damien dan Feni Fasta sebagai assosiate Produser dan Kepala Jurusan Broadcasting Universitas Mercu Buana, melakukan seleksi ketat bagi mahasiswa yang bisa terlibat. Film ini merupakan kolaborasi tiga negara, Amerika, Indonesia dan Korea.

"Kami ada seleksi juga buat mahasiswa yang mau terlibat. Kami lihat dia bakatnya di mana. Yang pandai kamera kami tempatkan di kamera. Astradanya juga mahasiswa. Ini pengalaman yang bagus buat mahasiswa untuk terjun langsung. Tapi semunya dapat kordinator dari Pak Damein," ujar Feni Fasta.

Memberdayakan anak muda dalam pembuatan film memang jadi tujuan Damien. Sebab ia mau memunculkan sineas muda berbakat Tanah Air dan menciptakan karya-karya yang berkualitas. "Kalau sejak dini diajarkan, setidaknya kreatifitas anak muda Indonesia bisa berkembang soal film. Mereka juga tau pembuatan film seperti apa," ujar Damien.

Erna Santoso yang juga terlibat dalam film From Seoul to Jakarta

Sebelum mendapatkan piala di MadriD, film From Seoul to Jakarta mendapaktan Enam nominasi di St.Tropez International Film Festival, Prancis yaitu; kategori Peran Pembantu Wanita Terbaik, Peran Utama Wanita Terbaik, Peran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Terbaik dan Film Terbaik.

Tak sampai di situ, film From Seoul To Jakarta lebih dulu menerima penghargaan Award of Merit untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Natasha Dematra dan Sinematografi Terbaik untuk Damien Dematra di Accolade Global Competition di California, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini