Sukses

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 2)

Tentu tidak mudah memilih 25 judul dari perjalanan 25 tahun sebuah stasiun TV. Apa saja 25 sinetron fenomenal SCTV?

Liputan6.com, Jakarta Tepat 24 Agustus 2015 SCTV berulang tahun ke-25. Dua puluh lima tahun bukan perjalanan yang pendek. Sudah begitu banyak program acara yang lahir sepanjang dua dekade lebih eksistensi SCTV di jagat pertelevisian Tanah Air. Tak terkecuali di jenis program sinetron.

SCTV tentu saja bukan stasiun TV pertama yang menayangkan sinetron. TVRI yang memulai duluan sebagai stasiun TV pertama di tanah air. TVRI pernah menayangkan berbagai sinetron fenomenal macam Rumah Masa Depan, Aku Cinta Indonesia, Keluarga Rahmat, Pondokan, Losmen, Jendela Rumah Kita, dll.

Sejak kemunculan TV swasta di awal 1990-an tayangan sinetron pun merambah ke berbagai TV swasta yang lahir di era ini--termasuk SCTV.

Memperingati hari kelahiran SCTV yang ke-25, Liputan6.com menengok lagi sinetron apa saja yang hadir di SCTV dan jadi fenomena.

Tentu saja tidak mudah memilih 25 judul dari perjalanan 25 tahun sebuah stasiun TV. Ada begitu banyak judul yang kami pertimbangkan hingga akhirnya kami memilih 25.

Dasar pilihan kami sederhana saja, apakah sinetron dimaksud membuat fenomena ketika tayang dan apa terus dikenang hingga kini.

Daftar 25 sinetron SCTV paling fenomenal ini kami bagi dalam lima tulisan yang kami unggah selama lima hari. Urutan berdasar tahun tayang.

Ini bagian kedua dari lima tulisan. Selamat menyimak!

(Tulisan pengantar: Ade Irwansyah)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Melodi Cinta

Melodi Cinta diproduksi Persari Films, tayang 14 Mei 2000 - 5 November 2000.

Mengisahkan pasang surut perjalanan cinta Erlangga (Denny Malik) dan Sharmila (Helmalia Putri). Melodi Cinta, sinetron genre dangdut yang sukses hingga ke musim ketiga.

Di musim kedua, Melodi Cinta tak lagi diperkuat Helmalia Putri. Karakter Sharmila diambil alih Natasha Dewanti, dan membuat penonton yang terlanjur mengidentikkan Sarmila dengan Putri, kecewa berat.

Yang paling membekas dari Melodi Cinta adalah pada episode terakhir musim kedua. Diceritakan Erlangga mengalami kecelakaan pesawat terbang dan Sharmila sudah melahirkan anak. Akhir cerita yang sangat menggantung.

Hingga musim ketiganya tayang dengan episode awal ketika Erlangga yang ternyata masih hidup, terdampar di sebuah pulau tanpa kabar berita hingga dianggap sudah mati oleh Sharmila dan keluarganya. Padahal Erlangga masih bertahan hidup dan akhirnya dinikahkan dengan puteri Kepala Suku di pulau itu. Konflik terjadi saat Erlangga tiba-tiba bisa kembali menemui Sharmila dan anaknya.

Denny Malik begitu lama disteriotipkan dengan sosok karakter Erlangga. Sinetron ini juga menjadi debut kemunculan Helmalia Putri yang kemudian menjadi bintang sinetron populer. Lagu temanya yang berjudul "Sharmila", dinyanyikan pedangdut Asraf, begitu happening di era 2000-an. (Puj)

3 dari 6 halaman

Wah... Cantiknya

Wah... Cantiknya diproduksi Multivision Plus, tayang 28 Maret - 31 Oktober 2001.

Cecep seorang yang mentalnya terbelakang, tapi memiliki hati yang mulia. Walau memiliki jalan pikiran yang sangat sederhana, hatinya selalu polos dan bersih. Selain itu ia selalu siap membantu orang yang membutuhkan bantuannya. Cecep tinggal bersama ibunya, yang selalu dipanggil “emak” di kampung pinggiran. Untuk kehidupan sehari-harinya Cecep bekerja sebagai kuli angkut di toko Baba Asiong. Sedangkan Emak berjualan gado-gado didepan rumahnya.

Suatu hari, Cecep bertemu Kartika (Tamara Blesznsky) yang tengah bingung mencari calon suami. Oleh surat wasiat ayahnya, Pak Wiryo, Kartika mesti menikah setelah 6 bulan kematiannya. Begitu melihat Cecep, Kartika dan tantenya (diperankan Ninik Arum) sepakat menjadikan Cecep sebagai suami dengan harapan tak akan banyak masalah.

Setelah Tersayang, di SCTV Anjasmara mendapat momentum karir keduanya lewat peran Cecep. Terhitung 5 tahun berturut-turut, ia meraih 5 gelar Aktor Paling Ngetop SCTV Awards dari 2001 hingga 2005. (Puj)

4 dari 6 halaman

Siapa Takut Jatuh Cinta

Siapa Takut Jatuh Cinta diproduksi Prima Entertainment, tayang 14 April 2001 - 5 Januari 2002.

"Meteor Garden rasa Indonesia." Begitu sebutannya dulu ketika menggemparkan pecinta sinetron di tahun 2001. Menyimak kisahnya yang begitu mirip serial dari negara Taiwan tersebut memang tak salah jika Siapa Takut Jatuh Cinta? dituding menjiplak.

Siapa Takut Jatuh Cinta sendiri berkisah tentang Oni (Leony Vitria), gadis miskin yang mendapat beasiswa masuk kampus bergengsi berisi anak-anak tajir. Di kampus berkuasa 4 cowok super: super ganteng, super kaya dan super power. Oni berani melawan sang pentolan, Indra (Indra L. Brugman) yang membully temannya. Sejak itu, hidup Oni pun berubah total.

Siapa Takut Jatuh Cinta mengorbitkan aktor pendatang berwajah oriental bernama Roger Danuarta. Karier Roger melesat bak meteor imbas meledaknya sinetron yang juga dibintangi Jonathan Frizzy dan Steve Emanuel ini.

5 dari 6 halaman

Inikah Rasanya?

Inikah Rasanya? diproduksi Rapi Films, tayang 1 September 2003 - 11 Juli 2005).

Inikah Rasanya? menceritakan tentang persahabatan anak SMP. Nadia (Alyssa Soebandono) tinggal dengan tantenya yang super galak, Tante Cindy (Teressa Blesznsky). Sahabatnya Mini (Nadia Vega), cewek tomboy disukai Jono (Rifky Balwell) murid pindahan yang cupu abis. Nadia sendiri saling naksir dengan cowok yang ia anggap musuh, Jason (Gilbert Marciano). Jason, Jono dan Aldy (Aji Yusman) bersahabat karib sama seperti Nadia, Mini dan Bemby (Raya Kohandi). Dua kubu ini sering berselisih paham bahkan untuk masalah sepele. Tapi mereka kadang juga kompak dalam menyelesaikan masalah.

Tak banyak sinetron yang menyasar pangsa anak usia SMP. Inikah Rasanya? mungkin jadi yang tersukses. Tak hanya sukses merambah ke film, versi FTV untuk series Inikah Rasanya? dengan macam-macam tema pun juga diminati. Dan jangan lupa, Alyssa Soebandono digelari 1 dari 3 bintang muda paling moncer 2004 adalah alumni Inikah Rasanya?. (Puj)

6 dari 6 halaman

Kawin Gantung

Kawin Gantung diproduksi Multivision Plus, tayang 4 September 2003 - 1 Juli 2004.

Orang Betawi sudah terbiasa dengan istilah kawin gantung. Tapi buat orang-orang diluar, sinetron ini seperti memberi pencerahan. Kawin gantung adalah sebutan untuk pernikahan yang biasanya dilakukan pasangan yang belum cukup umur oleh kedua orang tua. Saat sudah dirasa cukup dewasa, barulah mereka disatukan untuk membina rumah tangga.

Ridho (Didi Riyadi) sudah di kawin gantung dengan May (Natalie Sarah) sejak kecil tanpa mereka tahu. Di sekolah, keduanya musuh bebuyutan. Uniknya ketika diberi tahu jika keduanya akan dipertemukan, keduanya kompak kabur. Ditempat lain juga ada 2 orang yang dikawin gantung juga akan dipertemukan dan kabur. Masing-masing bertemu dengan pasangan yang berbeda dan malah saling jatuh cinta. Itulah premis sinetron Kawin Gantung ini.

Kawin Gantung tercatat sukses melejitkan pendatang baru Natalie Sarah. Chemistry-nya dengan Didi Riyadi yang ngegemesin bikin orang lupa pasangan abadi Didi di banyak sinetron, Putri Patricia. (Puj)

Baca juga:

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag.1)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini