Sukses

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 4)

Tentu tidak mudah memilih 25 judul dari perjalanan 25 tahun sebuah stasiun TV. Apa saja 25 sinetron fenomenal SCTV?

Liputan6.com, Jakarta Tepat 24 Agustus 2015 SCTV berulang tahun ke-25. Dua puluh lima tahun bukan perjalanan yang pendek. Sudah begitu banyak program acara yang lahir sepanjang dua dekade lebih eksistensi SCTV di jagat pertelevisian Tanah Air. Tak terkecuali di jenis program sinetron.

SCTV tentu saja bukan stasiun TV pertama yang menayangkan sinetron. TVRI yang memulai duluan sebagai stasiun TV pertama di tanah air. TVRI pernah menayangkan berbagai sinetron fenomenal macam Rumah Masa Depan, Aku Cinta Indonesia, Keluarga Rahmat, Pondokan, Losmen, Jendela Rumah Kita, dll.

Sejak kemunculan TV swasta di awal 1990-an tayangan sinetron pun merambah ke berbagai TV swasta yang lahir di era ini--termasuk SCTV.

Memperingati hari kelahiran SCTV yang ke-25, Liputan6.com menengok lagi sinetron apa saja yang hadir di SCTV dan jadi fenomena.

Tentu saja tidak mudah memilih 25 judul dari perjalanan 25 tahun sebuah stasiun TV. Ada begitu banyak judul yang kami pertimbangkan hingga akhirnya kami memilih 25.

Dasar pilihan kami sederhana saja, apakah sinetron dimaksud membuat fenomena ketika tayang dan apa terus dikenang hingga kini.

Daftar 25 sinetron SCTV paling fenomenal ini kami bagi dalam lima tulisan yang kami unggah lima hari ini. Urutan berdasar tahun tayang.

Ini bagian keempat dari lima tulisan. Selamat menyimak!

(Tulisan pengantar: Ade Irwansyah)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cinderella

Cinderella diproduksi MD Entertainment, tayang 5 Februari 2007 - 9 Desember 2007.

Cinderella yang punya tagline "Apakah Cinta Hanyalah Mimpi?" ini debut Cinta Laura di layar kaca yang dikenang tak hanya karena gaya akting Cinta yang lebay, gaya bicara bule-nya yang tak cocok dengan perannya sebagai gadis teraniaya, soundtrack riang dari Bukan Bintang Biasa, "Let's Dance Together" yang "melenceng", namun juga karena endingnya yang "meleset" dan membuat tim Rasya-Cinta kecewa.

Di ujung kisah, layar memperlihatkan Cinta (Cinta Laura) berlari mengejar Rama (Rezky Aditya) setelah membuat Rasya (Galih Ginanjar) patah hati untuk yang terakhir kalinya!

Sebelumnya diceritakan, saat bayi, Cinta diculik Marlina (Lidya Kandau) karena dendam pada pasangan Bayu dan Tia (Nena Rosier). Cinta hidup menderita teraniaya oleh dua saudara kembar Lala (Siti Anizah) dan Lulu (Herfiza). Suatu hari, ia bertemu Rasya, putra angkat Tia yang membayarnya untuk berpura-pura jadi pacarnya. Mudah ditebak, keduanya lalu saling jatuh cinta.

Kisah Cinta makin ramai dengan kehadiran banyak pria yang datang silih berganti setelah Rasya menikah dengan wanita lain (diperankan Jehan Siena). Mulai dari Aiman Ricky, Fendy Chou, hingga Rezky Aditya. (Puj)

3 dari 6 halaman

Cinta Fitri

Cinta Fitri diproduksi MD Entertainment, tayang 2 April 2007 - 8 Mei 2011.

Fitri (Shireen Sungkar) gadis dari kampung di Wonogiri, hendak menyusul calon suaminya, Firman (Rizky Hanggono) di Jakarta. Namun, Fitri telat. Firman kecelakaan dan meninggal. Luntang-lantung di Jakarta, Fitri yang tak mengenal siapapun perlahan menemui banyak orang yang berhubungan dengan Farrel (Teuku Wisnu), pria yang kemudian jadi cinta sejatinya.

Terlalu panjang jika membahas sinetron dengan jumlah musim menyamai Tersanjung ini. Dengan 7 musim dan total 1002 episode, menjadikan Cinta Fitri sinetron dengan sistem season dengan jeda beberapa bulan, tersukses yang pernah tayang di layar kaca.

Cinta Fitri tak hanya melahirkan couple on screen yang berlanjut hingga menikah pada pasangan Wisnu - Shireen. Juga karakter legenda antagonis super yang bahkan mungkin belum ada tandingannya hingga kini dengan julukan The Great Mischa. Dinda Kanya Dewi layak mendapat dua jempol untuk perannya yang fenomenal tersebut. (Puj)

4 dari 6 halaman

Para Pencari Tuhan

Para Pencari Tuhan diproduksi Demi Gisela Citra Sinema, tayang perdana 16 September 2007 - Ramadan 2015.

Sinetron ini gebrakan brilian Deddy Mizwar . Siapa mengira menayangkan sinetron religi di jam sahur akan membuatnya jadi masterpiece?

Para Pencari Tuhan, sinetron religi satir penuh inspirasi. Kisahnya sendiri bercerita tentang kehidupan seorang marbot (penjaga mushala) bernama Bang Jack ( Deddy Mizwar) dan ketiga muridnya yang mantan narapidana, yaitu Chelsea (Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj), dan Juki (Isa Bajaj).

Para Pencari Tuhan punya cerita yang berbeda-beda di setiap jilidnya. Ramadan 2015 lalu adalah jilid ke-9. Namun, yang fenomenal sudah pasti jilid pertamanya. Tak hanya fokus pada cerita Bang Jack dan ketiga begajul. Ada kisah Pak Jalal, orang kaya yang suka membantu tapi hobi menyindir, Bang Udin seorang hansip yang kerjanya selalu mengeluh saat tak punya uang, Asrul orang paling miskin tapi rajin beribadah, ketua RT yang suka menilap uang warga, dll.. (Puj)

5 dari 6 halaman

Cinta Bunga

Cinta Bunga diproduksi MD Entertainment, tayang 12 November 2007 - 20 Juni 2008.

Alkisah, Bunga (Laudya Chintya Bella) menjadi tulang punggung keluarganya dengan bekerja sebagai pedagang asongan. Arman (Oka Antara), seorang kaya raya namun punya penyakit parah, terpikat pada ketulusan Bunga, mengajaknya menikah. Bunga menerima.

Di rumah Arman, tinggal kakaknya, Ratih (Nessa Sadin) dan keponakannya, Reno (Chicco Jericho). Sepeninggal Arman, Ratih menyuruh Reno menikah dengan Bunga untuk mengambil harta warisan. Reno melakukannya. Awalnya biasa saja. Namun lambat laun, Reno dan Bunga malah saling jatuh cinta.

Cinta Bunga menjadi awal benih cinta antara Chicco Jericho dan Laudya Chintya Bella bersemi. Pasangan cinlok ini bertahan hingga 6 tahun namun putus pada 2014 lalu. Walau begitu, Cinta Bunga mencatat prestasi gemilang dan akan dikenang sebagai duet Bella-Chicco paling fenomenal. (Puj)

6 dari 6 halaman

Melati untuk Marvel

Melati untuk Marvel diproduksi MD Entertainment, tayang 23 Oktober 2008 - 13 Maret 2010.

Marvel (Rezky Aditya), cowok slengek'an. Dan Melati (Chelsea Olivia) adalah wanita karir dengan pekerjaan yang sudah mapan. Keduanya bertemu tanpa sengaja, kerap bertengkar tapi saling mengagumi.

Marvel sebenarnya anak tiri Pak Surya, bos Melati di kantor. Melati sudah punya kekasih bernama Aditya (Christ Laurent). Dan Marvel menjalani perjodohan dengan Kezia (Gracia Indri). Tapi mereka sadar, pasangan mereka kini bukanlah pilihan hati masing-masing.

Kita tahu Melati Untuk Marvel meniru cerita sebuah drama Korea. Tapi judulnya tak terlalu terkenal. Makanya, waktu sinetron ini tayang, kita melihatnya sebagai sebuah karya baru yang fresh. Ceritanya sangat menarik. Ditambah duet Rezky Aditya - Chelsea Olivia yang chemistry-nya klop sekali. Harus diakui, Chelsea adalah satu dari banyaknya aktris yang walaupun couple di tiap sinetronnya selalu berganti, tapi tetap bisa menghadirkan chemistry yang dahsyat. (Puj)

Baca juga: 

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag.1)

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 2)

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 3)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.