Sukses

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 5-Habis)

Tentu tidak mudah memilih 25 judul dari perjalanan 25 tahun sebuah stasiun TV. Apa saja 25 sinetron fenomenal SCTV?

Liputan6.com, Jakarta Tepat 24 Agustus 2015 SCTV berulang tahun ke-25. Dua puluh lima tahun bukan perjalanan yang pendek.

Sudah begitu banyak program acara yang lahir sepanjang dua dekade lebih eksistensi  SCTV di jagat pertelevisian Tanah Air. Tak terkecuali di jenis program sinetron.

SCTV tentu saja bukan stasiun TV pertama yang menayangkan sinetron. TVRI yang memulai duluan sebagai stasiun TV pertama di tanah air. TVRI pernah menayangkan berbagai sinetron fenomenal macam Rumah Masa Depan, Aku Cinta Indonesia, Keluarga Rahmat, Pondokan, Losmen, Jendela Rumah Kita, dll.

Sejak kemunculan TV swasta di awal 1990-an tayangan sinetron pun merambah ke berbagai TV swasta yang lahir di era ini--termasuk SCTV.  

Memperingati hari kelahiran SCTV yang ke-25, Liputan6.com menengok lagi sinetron apa saja yang hadir di SCTV dan jadi fenomena.  

Tentu saja tidak mudah memilih 25 judul dari perjalanan 25 tahun sebuah stasiun TV. Ada begitu banyak judul yang kami pertimbangkan hingga akhirnya kami memilih 25.

Dasar pilihan kami sederhana saja, apakah sinetron dimaksud membuat fenomena ketika tayang dan apa terus dikenang hingga kini.

Daftar 25 sinetron SCTV paling fenomenal ini kami bagi dalam lima tulisan yang telah kami unggah. Ini tulisan kelima. Urutan berdasar tahun tayang.
Ini bagian keempat dari lima tulisan. Selamat menyimak!

(Tulisan pengantar: Ade Irwansyah)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kepompong


Kepompong diproduksi Frame Ritz, tayang 17 November 2008 - 9 November 2009.

"Persahabatan bagai kepompong. Mengubah ulat menjadi kupu-kupu". Sebaris reffrain lagu Kepompong yang dinyanyikan Sind3ntosca menggema saban sore di layar SCTV.

Kepompong judul yang pas untuk menggambarkan persahabatan 5 remaja baru gede: Chacha (Aryani Fitriana), Indra (Derby Romero), Tasya (Mikha Tambayong), Helen (Tania Putri) dan Beby (Dinda Kirana). Mereka bersahabat sejak orang tua mereka melahirkan secara bersama-sama. Membentuk gank de'Rainbow di sekolah, dimusuhi Claudya (Sonia Erika). Dibumbui pertengkaran, persaingan, saling iri, cinta, cemburu, dan segala hal alami yang terjadi pada remaja umumnya, menjadikan Kepompong sinetron remaja yang komplit.

Kepompong jadi debut Derby Romero di layar kaca setelah vakum cukup lama. Nyatanya kemampuan aktingnya masih prima. Kepompong tak hanya milik Derby, ada 4 bintang lainnya yang kesemuanya adalah gadis-gadis manis pendatang baru, kecuali Aryani Fitriana.

Dua nama yang akhirnya mencuat dan jadi idola remaja: Mikha Tambayong dan Dinda Kirana. Mikha laris manis main dibanyak stripping dan film dengan banyak rumah produksi. Sedang Dinda yang rajin mengisi slot FTV jadi Ratu FTV lalu menyabet FTV Awards 2011 dan Aktris Paling Ngetop di SCTV Awards 2013. Selain mereka, Kepompong juga jadi jembatan untuk Adipati  Dolken dan Cut Meyriska tetap eksis hingga kini. Bersyukurlah mereka dilahirkan dari sinetron ini. (Puj)

3 dari 6 halaman

Pesantren & Rock `N Roll

Pesantren & Rock `N Roll diproduksi ScreenPlay Productions, tayang 14 Februari – 9 Desember 2011 dan 29 April - 2 Oktober 2013.

Pesantren & Rock n' Roll berkisah tentang Wahyu Shubuh (Ali Syakieb), pemuda kaya yang hidupnya liar. Ia dimasukan ke pesantren oleh ayahnya agar bisa kembali jadi lebih baik. Pemuda urakan ini selalu menunjukan pada semua orang kalau ia adalah rocker yang harusnya hidup bebas di luar. Namun, akhirnya di pesantren Darussalam, Wahyu berkenalan dan jatuh hati pada anak Kiai, Nada (Aulia Sarah).

PRR total punya 3 musim. Di musim pertama, fokus pada pencarian jati diri Wahyu. Musim kedua berkisah tentang kehidupan rumah tangga Wahyu dan Nada. Dan di musim ketiga lebih me-remaja.

Penonton dibuat kesengsem pada Rizky Nazar, sang pemeran Wahyu Shubuh Junior dan chemistry-nya yang membuai bersama Dinda Kirana. Terlebih Dinda menampilkan akting yang berbeda dari peran-perannya di FTV selama ini. Tak heran, piala Aktris Paling Ngetop SCTV Awards 2013 jatuh ke tangannya. (Puj)

4 dari 6 halaman

Putih Abu-abu

Putih Abu-Abu diproduksi ScreenPlay Productions, tayang 12 Februari - 30 September 2012 dan 3 Januari - 10 Februari 2013.

Inti ceritanya tentang Nina (Febby Rastanty), gadis asal Jogja yang diminta ke Jakarta oleh almarhum ibunya. Nina lalu tinggal di rumah Om Taufik (Hikmal Abrar) yang punya 3 anak: Kelvin (Eza Gionino), Andre (Derby Romero) dan Viola (Kiki Azhari). Kelvin dan Viola hobi mem-bully Nina, sedang Andre sangat baik padanya. Mereka lalu satu sekolah. Nina kembali jadi bahan bully-an Angel (Adzana Bing Slamet) dan ganknya. Angel adalah pacar Kelvin.

Berawal dari iseng mengerjai, Kelvin malah akhirnya naksir Nina. Angel murka dan melakukan segala cara untuk menghancurkan hubungan mereka. Termasuk bersaing curang melawan girl band Nina, BLINK.

Putih Abu-Abu, sinetron remaja paling fenomenal sepanjang sejarah. Kesuksesannya meluber ke social media Twitter, kosa kata bahasa gaulnya menjadi tren remaja, sampai dibuatkan konser istimewa hingga 3 kali. 3 pemainnya merajai SCTV Awards 2012. Sayang, kesuksesannya tak berlanjut di season kedua, imbas dari mundurnya Eza dari jajaran pemain utama karena kasus kekerasan. (Puj)

5 dari 6 halaman

Love in Paris

Love in Paris diproduksi ScreenPlay Productions, tayang 22 Oktober 2012 - 28 Juni 2013 dan 13 Mei - 28 Juni 2013.

Proyek ambisius rumah produksi ScreenPlay setelah sukses Kupinang Kau Dengan Bismillah yang berhasil syuting di Istambul, Turki. Kali ini, Paris dituju. Dimas Anggara yang mendapat gelar calon menantu idaman akibat perannya yang manis sebagai Ammar di KKDB, kembali jadi tokoh utama.

Yasmin (Michelle Ziudith) tersesat di Paris. Sahabatnya, Rafa (Rio Dewanto) terlambat menjemputnya. Seperti turis yang nyasar, hampir dicopet berandal. Beruntungnya ia bertemu Reno (Dimas Anggara), pemuda Indonesia yang sedang menjalani pengobatan di Paris. Yasmin sendiri menderita penyakit Leukemia dan divonis takkan hidup sampai usia 20 tahun. Cinta segitiga Rafa-Yasmin-Reno bertambah dengan kehadiran Aqila (Yunita Siregar) yang tak lain adalah saudara kembar Yasmin yang dipisahkan sejak bayi.

Banyak yang berpendapat, interaksi Dimas dan Michelle di Love in Paris menjurus vulgar kalau tak mau dibilang terlalu romantis. Tak mengapa. Toh, berkat perannya di sini, Dimas Anggara akhirnya berhasil menggondol piala Aktor Paling Ngetop SCTV Awards 2012 setelah gagal setahun sebelumnya. (Puj)

6 dari 6 halaman

Ganteng Ganteng Serigala

Ganteng Ganteng Serigala diproduksi Amanah Surga Productions, tayang 21 April 2014 - 8 Agustus 2015.

Ganteng Ganteng Serigala sudah mencuri perhatian sejak promonya memperlihatkan Kevin Julio menahan mobil hingga penyok dengan tangannya. Ini mengingatkan kita pada Edward  Cullen, karakter di film Twilight Saga saat menyelamatkan Bella Swan yang nyaris tertabrak. Orang serta merta langsung menebak GGS meniru Twilight.

GGS sebenarnya terobosan baru kalau tak mau dibilang ide kreatif diranah sinetron yang jenuh dengan genre drama keluarga atau komedi. Mengambil kisah perseteruan bangsa vampire dan manusia serigala di Indonesia yang rasanya mustahil ada sebelumnya. Juga memperkenalkan istilah "darah suci" yang bikin dahi mengernyit.

Di luar itu semua, GGS sukses besar nangkring di peringkat pertama data rating dari episode pertama hingga berbulan-bulan. Juga tercatat sebagai sinetron remaja dengan episode terpanjang yakni 371 episode. Dan terakhir, melahirkan couple idola baru para remaja: Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina. (Puj)

Baca juga:

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag.1)

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 2)

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 3)

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 4)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.