Sukses

Hugo Awards 2015 Dianggap Kontroversial, Film Superhero Merajai

Film superhero Guardians of the Galaxy garapan Marvel Studios, menyabet Hugo Awards 2015 yang dianggap kontroversial.

Liputan6.com, Los Angeles Ajang penghargaan Hugo Awards 2015 yang dianggap kontroversial, ternyata dimenangkan oleh Guardians of the Galaxy garapan Marvel Studios, meskipun sudah setahun yang lalu dirilis di bioskop AS.

Dilansir dari Ace Showbiz, Senin (24/8/2015), ajang yang diselenggarakan The World Science Fiction Society ini, menganugerahkan Hugo Awards 2015 kepada film arahan James Gunn tersebut untuk kategori Best Dramatic Presentation in the Long Form.

James Gunn selaku sutradara Guardians Of The Galaxy, mengakui bahwa ia mendapat bantuan dari Joss Whedon.

Para pemenangnya sendiri diumumkan pada Sabtu, 22 Agustus 2015 pagi di World Science Fiction Convention Convention, Spokane, Washington. Dalam kategori ini, Guardians of the Galaxy mengalahkan film-film seperti The Lego Movie, Edge of Tomorrow, Captain America: The Winter Soldier, dan Interstellar.

James Gunn yang juga menulis film Guardians of the Galaxy, menyuarakan kemenangan melalui kicauan di Twitter. Diketiknya, "Ya ampun, ini begitu menakjubkan."

Sementara itu serial, Orphan Black menyabet kategori Best Dramatic Presentation in the Short Form untuk episode final musim kedua bertajuk 'By Means Which Have Never Been Tried'.

Orphan Black, serial yang menyabet Hugo Awards 2015. (amcnetworks.com)

Beberapa kategori lainnya diberi label 'No Award', karena para pemilih keberatan dengan calon yang ada, atau banyak juga yang tidak ingin mengambil bagian. Kontroversi yang ada, disebutkan bahwa penghargaan ini menyingkirkan para pria kulit putih serta kaum konservatif ke dalam daftar nominasi.

Daftar pemenang lengkapnya adalah sebagai berikut:

Best Novel: The Three Body Problem, Cixin Liu (Tor)
Best Novella: NO AWARD
Best Novelette: The Day the World Turned Upside Down, Thomas Olde Heuvelt (Lightspeed 4/14)
Best Short Story: NO AWARD
Best Dramatic Presentation - Long: Guardians of the Galaxy
Best Dramatic Presentation - Short: Orphan Black: 'By Means Which Have Never Yet Been Tried'
Best Related Work: NO AWARD
Best Graphic Story: Ms. Marvel, Volume 1: No Normal, G. Willow Wilson; desain oleh Adrian Alphona & Jake Wyatt (Marvel Comics)

Ms. Marvel: No Normal #1 Volume 1. (comicvine.com)
Best Professional Editor Long Form: NO AWARD
Best Professional Editor Short Form: NO AWARD
Best Professional Artist: Julie Dillon
Best Semi-pro zine: Lightspeed
Best Fanzine: Journey Planet
Best Fancast: Galactic Suburbia Podcast
Best Fan Writer: Laura J. Mixon
Best Fan Artist: Elizabeth Leggett
John W. Campbell Award for Best New Writer: Wesley Chu

Hugo Awards yang diberikan setiap tahun sejak tahun 1955, adalah penghargaan fiksi ilmiah paling bergengsi. Pemenang ajang ini dipilih oleh anggota World Science Fiction Convention ('Worldcon'), yang juga bertanggung jawab untuk mengelola acara ini.(Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.