Sukses

RATING REPORT Sinetron `Pangeran` Ungguli Acara Ultah TV Tetangga

SCTV lebih memilih menayangkan sinetron Pangeran dengan durasi lebih panjang, 4 jam.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah hiruk pikuk heboh konser Ariana Grande, "The Honeymoon Tour" di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta, yang terlihat dari riuhnya cuitan di sosial media, Rabu (26/8) malam, masyarakat yang lebih suka menonton televisi di rumah, dimanjakan dua tontonan.

Tadi malam jadi malam perayaan ultah 26 tahun RCTI. Tak seperti biasanya, alih-alih menggelar acara musik, kali ini RCTI menyuguhkan drama kolosal bertajuk "Mahardika RCTI 26: Laga Bakti Senopati".

Sebenarnya HUT RCTI berbarengan dengan SCTV. Namun, SCTV sudah menggelar perayaan tepat di hari-H, tanggal 24 Agustus lalu dengan acara meet and greet bintang serial drama Turki, Elif dan puncak perayaan 25 tahun SCTV Teristimewa. Dua acara ini menduduki peringkat 1 dan runner-up pada data rating tanggal 24 Agustus.

Ricky Harun bermain dalam sinetron `Pangeran`

SCTV sendiri tadi malam lebih memilih menayangkan Pangeran dengan durasi lebih panjang, 4 jam untuk memblok acara ultah RCTI. Sinetron yang dibintangi Ricky Harun dan Nina Zatulini dimulai tepat pukul 19.00 WIB dan Mahardika RCTI 26 berlangsung pukul 19.30 WIB. Keduanya selesai hampir bersamaan pada pukul 00.30 WIB.

Lalu, bagaimana hasil persaingan dua acara yang tampil bersamaan tersebut?

Ternyata, dari segi rating, Pangeran jauh mengungguli dengan selisih lebih dari 2 kali lipat. Dari data rating yang diterima penulis, Kamis (27/8/2015), Pangeran mendapat TV rating (TVR) 5,5 dan Mahardika RCTI 26 Laga Bakti Senopati hanya memperoleh TVR 2,5. Hasil ini sebenarnya sudah banyak diprediksi penonton. Melihat komentar yang bertebaran di lini masa, terlihat banyak pemirsa yang kecewa dengan acara drama kolosal tersebut.

Pesinetron Ammar Zoni atau yang sekarang lebih dikenal dengan Rajo Langit, kini tengah menjadi pembicaraan hangat. (instagram.com/ammarzoni)

Meski memasang aktor muda yang sedang naik daun, Ammar Zoni yang namanya nge-hits berkat perannya di 7 Manusia Harimau, sayangnya belum bisa menarik atensi penonton seperti halnya dilakukan Aliando Syarief yang meroket dari Ganteng Ganteng Serigala.

Seperti kita ketahui, dua tahun belakangan ini, SCTV memang "mengandalkan" pesona Aliando di dua perayaan HUT-nya.

Salah satu alasan mengapa Aliando bisa mengangkat tensi dan rating sebuah acara, mungkin karena fansnya yang sangat loyal menyaksikan apapun yang ia tampilkan di layar TV. Ammar Zoni, mungkin belum sampai di taraf ini. Melihat data fansnya yang mem-follow akun sosmednya saja jauh sekali selisihnya. Jangankan "melawan" Aliando, untuk menyaingi Ricky Harun dengan Pangeran-nya saja, bisa kalah telak. (Puj/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.