Sukses

Menelusuri Anime Klasik Doraemon yang Gagal di Jepang

Di balik suksesnya anime Doraemon, ternyata versi paling pertama yang mengudara tahun 1973 tergolong gagal hingga dibatalkan.

Liputan6.com, Tokyo Doraemon boleh dianggap sebagai salah satu franchise manga tersukses dan paling dikenang di Jepang. Begitu juga setelah diangkat ke televisi dalam format anime. Namun begitu, versi pertama anime robot kucing ini mengalami kegagalan hingga penayangannya dibatalkan.

Anime perdana yang dikerjakan oleh NTV Video tersebut hanya mengudara selama enam bulan, yaitu sejak 1 April 1973 hingga 30 September 1973. Bahkan, versi antik ini hanya memiliki 26 episode dengan 52 segmen melalui saluran Nippon TV di Jepang.

Malangnya, seri paling pertama Doraemon ini, tidak sukses saat berjalan dan dibatalkan karena masalah keuangan dengan pihak NTV Video. Akan tetapi, serialnya mendapat peringkat yang cukup baik, dan tadinya direncanakan untuk berjalan selama satu tahun ke depan.

Di balik suksesnya anime Doraemon, ternyata versi paling pertama yang mengudara tahun 1973 tergolong gagal hingga dibatalkan.

Salah satu pengguna di situs pengunggah video, mengomentari sebuah video langka Doraemon versi 1973 tersebut. Sang pengguna membeberkan bahwa duo pencipta manga aslinya, Fujiko F. Fujio, mengeluhkan serinya pada saat masih mengudara dengan alasan yang belum diketahui pasti.

Banyak kritik yang terpampang melalui komentar video anime versi 1973 di salah satu situs pengunggah video di internet. Fans usia tua yang mengingat serialnya atau hanya kebetulan mengetahuinya, mengeluhkan banyaknya kekurangan yang mungkin menjadi alasan serialnya tidak sukses.

Salah satu komentar menyatakan bahwa serialnya terlalu menekankan humor atau lelucon yang terlalu berlebihan. Beberapa pengguna lain juga mengatakan bahwa desain karakter Doraemon dalam versi itu terlalu 'gemuk'. Perubahan lain juga terlihat melalui kumisnya yang lebih panjangd dan membentang keluar di sisi wajahnya.

Di balik suksesnya anime Doraemon, ternyata versi paling pertama yang mengudara tahun 1973 tergolong gagal hingga dibatalkan.

Di masa kini, hal-hal terkait anime Doraemon versi 1973 tersebut sudah sangat langka untuk ditemukan. Hampir semua rekaman yang melibatkan serial ini juga dihancurkan dengan sengaja oleh api usai serialnya dibatalkan.

Setelah itu, Doraemon masih berjalan secara eksklusif melalui manga hingga anime versi barunya tayang pada 1979 yang diproduseri dan disiarkan saluran TV Asahi. Seri baru itu menjadi anime Doraemon paling sukses hingga berakhir pada Maret 2005. Bahkan pada tahun 2005, anime musim selanjutnya mengudara kembali dengan episode-episode baru.

Nobita dan Doraemon

Meskipun begitu, promo untuk anime versi 1973 masih ada dan dapat ditemukan secara online hingga hari ini. Diketahui, serial ini sempat tayang terakhir kali di sebuah TV pada tahun 1979. Namun tiba-tiba, siarannya itu dihentikan oleh Shogakukan yang tak ingin reputasi seri terbaru Doraemon versi 1979 berantakan.

Alhasil, anime versi tahun 1979 telah menyukseskan franchise Doraemon hingga hari ini dan digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. (Rul/Fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.