Sukses

Joker Dianggap Pahlawan dalam Film Batman The Dark Knight

Salah seorang penggemar Batman mengemukakan teori bahwa Joker bukanlah penjahat di The Dark Knight.

Liputan6.com, Los Angeles Sosok penjahat di sebuah film laga aktual, fiksi, maupun superhero, barang tentu sangat penting demi menciptkan momen heroik. Namun belakangan ada pandangan berbeda dari penggemar Batman terhadap karakter Joker dalam film The Dark Knight.

Dilansir dari Ace Showbiz, Senin (31/8/2015), salah seorang penggemar mengemukakan teori bahwa Joker bukanlah penjahat di The Dark Knight, melainkan pahlawan Gotham City yang sesungguhnya, bukannya Batman.

Salah seorang penggemar Batman mengemukakan teori bahwa Joker bukanlah penjahat di The Dark Knight. (houstonpress.com)

Teori yang dilontarkan melalui akun milik sang penggemar di situs Reddit tersebut, turut disertai bukti-bukti dari hasil pengamatannya. Ia berpikir bahwa Joker merupakan salah satu orang yang bertanggung jawab dalam menyelamatkan kota Gotham dari banyaknya aksi kotor seperti korupsi, meskipun dilakukan dengan cara-cara yang tak disukai.

Gagasannya yang ditulis sebanyak 829 kata itu berisi, "Joker, meskipun ia psikopat tukang bohong, ialah pahlawan sebenarnya di 'The Dark Knight'. Sebelum Joker, Gotham berantakan. Seluruh bagian dari kota tertutup karena kegilaan, kejahatan terorganisir yang merajalela, dan mayoritas pejabat penting kota yang korup secara liar."

"Kotanya bahkan menoleransi pemberontak main hakim sendiri yang berlarian sambil mengenakan kostum karet (Oke, baju baja khusus dan serat karbon, tetapi mereka tidak tahu itu)," ketik sang penggemar itu melalui sebuah postingan.

Salah seorang penggemar Batman mengemukakan teori bahwa Joker bukanlah penjahat di The Dark Knight. (theedgesusu.co.uk)

Sang penggemar juga mengatakan bahwa kemunculan Joker telah membersihkan kejahatan dari kota dan memberikan keadilan pada warga setempat. "Seiring datangnya Joker dan pada akhir waktu yang sangat singkat, hampir semua kejahatan terorganisir dilenyapkan, banyak pejabat korup dipenjara atau mati, dan si tukang main hakim kota bahkan bersembunyi selama delapan tahun. Ini semua bagian dari rencana Joker yang dieksekusi secara lihai," tambahnya.

Pada akhirnya, sang pembuat teori menyatakan bahwa Batman adalah 'penjahat sejati, salah satu yang meninggalkan prinsip-prinsipnya sendiri' ketika ia membunuh Harvey Dent.

Aktor Gary Oldman menganggap bahwa Batman V Superman adalah tantangan besar bagi para pembuatnya.

Pernyataan tersebut bukanlah teori pertama dan pastinya tidak akan menjadi yang terakhir dari penggemar Batman. Pada November 2014 lalu, pengguna Reddit lainnya menyampaikan gagasan bahwa Bane justru adalah sosok yang sangat membantu dalam menyelamatkan Gotham dari serangan teror, bukannya Batman.

Penggemar berat franchise film lain pun pernah menuangkan obsesinya dalam menunjuk sang penjahat sebagai pahlawan, serta sebaliknya. Belakangan, seorang penggemar mengisyaratkan bahwa Daniel LaRusso adalah penjahat sebenarnya dalam The Karate Kid, dan sebuah trailer buatan fans menjadikan Harry Potter sebagai tokoh jahat utama di franchise bertema dunia sihir itu. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.