Sukses

Prihatin dengan Prestasi Olahraga, Ibnu Jamil Lakukan Ini

Bersama Kurniawan Dwi Julianto dan Supriyanto, Ibnu Jamil mendirikan Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN).

Liputan6.com, Bogor Merosotnya prestasi olahraga Tanah Air membuat presenter Ibnu Jamil gerah. Ia berharap Indonesia bisa kembali berjaya di ajang olahraga seperti dulu. Bersama Kurniawan Dwi Julianto dan Supriyanto, Ibnu Jamil mendirikan Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN).

Sebagai langkah awal, bintang film Garuda 19 ini mengadakan coaching clinic di sela pertandingan Indonesia Junior Soccer League (IJSL) di kawasan Sentul, Bogor, Minggu (6/9/2015). Hasilnya, Ibnu mengaku puas setelah mendapat sambutan hangat dari anak-anak yang hobi bola.

Ibnu Jamil dan kawan-kawan berpose di acara Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN).(foto: Rizky Aditia Saputra/Liputan6.com)

"Makin ke sini, kami lihat kok (prestasi olahraga) menurun. Itu terlihat di ajang Sea Games kehilangan banyak medali. Ini kegelisahan kita, dan (dari situ) kami ingin mengembangkan (olahraga). Sedikit kontribusi kami lewat pembinaan usia dini dengan cikal bakal anak-anak berbakat, agar atletnya bisa berprestasi," kata Ibnu Jamil.

Selain teknik dasar, pelajaran tentang fairplay dan pembentukan karakter sportivitas menjadi hal penting yang diutamakan YOAN. Pasalnya, Ibnu Jamil melihat banyak sekali olahragawan hebat di Indonesia yang memiliki mental dan jiwa sportivitas yang kurang baik.

"Kami bisa memberikan bukan cuma main lalu harus menang. Karena biasanya di pertandingan kecil anaknya kalah, orangtua malah akan marah dan ikut masuk ke lapangan. Nah, nanti saat anak besar dia akan meniru tingkah laku orangtuanya," papar presenter 33 tahun.

 Kurniawan Dwi Julianto, Supriyanto dan Ibnu Jamil di acara Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN).(foto: Rizky Aditia Saputra/Liputan6.com)

"Edukasi seperti ini yang ingin kita berikan ke adik-adik. Misal ada lawan main yang cedera kita bangkitkan jiwa fairplay-nya, kita benahi mental sportivitas supaya jangan sampai jelek," sambungnya.

Tak hanya sepak bola, Ibnu Jamil berencana mengembangkan cabang olahraga lainnya seperti bulu tangkis, bola basket atau bola voli.

"Nanti ada rencana menghadirkan atlet dari luar, tapi itu untuk jangka panjang. Jadi mereka bisa membagikan ilmunya juga untuk anak-anak Indonesia. Dan kami tidak hanya concern ke sepak bola saja, nanti akan ke cabang olahraga lainnya juga," pungkas Ibnu Jamil. (Ras/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini