Sukses

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto Raih 8 Nominasi di FFB

Meski mendapat delapan nominasi, namun belum bisa dipastikan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto akan menjadi pemenang.

Liputan6.com, Jakarta Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang dibintangi oleh Reza Rahadian meraih delapan nominasi dalam Festival Film Bandung 2015. Ini menjadikan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto menjadi film paling banyak mendapat nominasi dibandingkan film lain.

Film besutan sutradara Garin Nugroho tersebut meraih nominasi dibeberapa kategori seperti Film Terpuji, Sutradara Terpuji, Penulis Skenario Terpuji, Penata Editing Terpuji, Penata Kamera, Terpuji, Penata Artistik Terpuji, Penata Musik Terpuji dan Pemeran Utama Pria Terpuji.

Reza Rahadian

Untuk hasilnya sendiri, panitia akan mengumumkan dalam acara yang bakal digelar di Monumen Peruangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, Sabtu (12/9/2015) nanti. Ketua Panitia FFB 2015, Eddy D Iskandar menegaskan meski film Guru Besar: Tjokroaminoto meraih nominasi terbanyak, film tersebut belum tentu menyambet status sebagai yang terbaik.

"Bedanya FFB dengan yang lain yaitu kita tidak terbebani dengan jumlah nominasi atau apapun. Dalam festival ini jumlah bukan ukuran. Kita bisa memilih satu bahkan tiga nominasi, makanya kita sebut bukan terbaik tapi terpuji," kata Eddy saat ditemui oleh liputan6.com di Bandung, baru-baru ini.

Reza Rahadian

Menurutnya kelebihan film Guru Besar: Tjokroaminoto dibanding yang lain adalah menampilkan unsur kedaerahan dan nasionalisme yang menjadi inti dari penilaian yang dilakukan oleh panitia.

"Sekarang film biopic (film biografi) sedang baik. Tanpa memikirkan keuntungan dan penonton karena menyingkirkan trend film saat ini itu sangat baik. Sebelum film Tjokroaminoto ada Soekarno, Sang Kiai dan beberapa film yang banyak muatan sejarah dan nasionalisme. Itu sangat bagus. Kalau dari segi teknik mungkin para sutradara di Indonesia sekarang sudah pada bagus. Kita melihat dari sisi lain," tuturnya. (Okan Firdaus/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini