Sukses

Pilot Tewas di Film Tom Cruise Ternyata Orang Penting Hollywood

Kecelakaan pesawat kru film Mena yang terjadi pada 11 September 2015, menewaskan Alan Purwin, salah satu pilot handal di dunia Hollywood.

Liputan6.com, Los Angeles Belum lama ini, sebuah pesawat kecil yang ditugaskan untuk mengangkut kru film drama perang narkoba bertajuk Mena, jatuh di lokasi syuting sekitar Medellin, Kolombia. Beruntung bagi Tom Cruise selaku bintang utama dan sutradara Doug Liman yang tak berada di dalam pesawat itu.

Di dalam pesawat terdapat dua orang pilot Amerika dan satu orang Kolombia. The Associated Press melaporkan bahwa korban tewas adalah satu orang Amerika, Alan Purwin, dan satu orang Kolombia, Carlos Berl. Pilot Amerika Jimmy Lee Garland dilarikan ke sebuah rumah sakit di Medellin.

Tak lama setelah kecelakaan yang terjadi pada Jumat, 11 September 2015 itu, para sineas Hollywood langsung berkabung terhadap Alan Purwin lewat jejaring sosial. Memang, para penggemar film mungkin tak mengenali Purwin, tapi banyak film-film terkenal dunia yang tak lepas dari pekerjaannya.

Alan Purwin wafat dalam Kecelakaan pesawat saat proses syuting film terbaru Tom Cruise, `Mena`

Seperti dikutip dari News.com.au, Alan Purwin telah bekerja sebagai kru dalam mengkoordinasi adegan berbahaya di udara dan fotografi serta menjadi pilot helikopter di hampir 150 film. Ia juga terlibat pembuatan Suicide Squad yang akan tayang 2016 dan Die Hard pertama yang rilis 1988.

Film-film blockbusters lainnya termasuk Transformers, Pearl Harbor, Pirates of the Caribbean, Mr. & Mrs. Smith, The Fast and the Furious, dan masih banyak lagi.

Purwin bahkan sempat tampil di layar lebar sebagai pilot helikopter di sekitar dua puluhan film termasuk Jurassic World dan juga Zero Dark Thirty.

Dalam video promo bertema 'Masrani Global' yang diunggah di YouTube, bisa terlihat suasana Jurassic World sebelum menjadi tempat malapetaka.

"Alan adalah pelopor dalam industri film dan filantrofis yang berkomitmen," kata Steve Gatena, CEO untuk perusahaan Shotover yang menaungi Purwin.

Purwin sempat menulis pengalamannya bekerja dengan Tom Cruise dua minggu lalu dengan memosting di halaman Instagram-nya. Ia mengaku pengalamannya bersama sang aktor sebagai hal paling menarik dan tampak nyata.

Bahkan, aktor Ben Stiller pun berbagi foto melalui Instagram dengan mengutip, "Salah satu momen favorit saya dengan Alan Purwin. Selalu merasa aman bersamanya. Mengirim cinta dan doa untuk keluarganya. Tidak ada yang lebih baik dari apa yang mereka lakukan. #respect."


Mengenai kejadian tersebut, Doug Liman dikabarkan sempat mengungkapkan rasa terguncangnya dengan tragedi yang melibatkan filmnya. Akan tetapi, juru bicara wanita Tom Cruise, Amanda Lundberg, belum mengomentari perihal kecelakaan tersebut. Tom Cruise sendiri dikabarkan telah merampungkan satu adegan sebelum kecelakaan terjadi.

Mena adalah sebuah film tentang Barry Seal, pilot gemuk pada tahun 1980-an yang menjual senjata api dan narkoba dengan cara menyelundupkannya ke CIA dan kartel Medellin. Produksi filmnya telah dimulai pada 25 Mei 2015 lalu. (Rul/Fir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.