Sukses

Rio Dewanto Miris Lihat Petani Kopi Indonesia

Rio Dewanto menyayangkan kurangnya petani kopi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Rio Dewanto berakting sebagai penikmat kopi dalam film Filosofi Kopi, membawanya hingga kehidupan nyata. Ia begitu menyukai segala hal yang berhubungan dengan kopi.

Suami Atiqah Hasiholan pun menyayangkan berkurangnya petani kopi di Indonesia. Padahal, seperti diketahui kopi dari daerah tropis seperti Indonesia terkenal enak. 

Rio Dewanto (Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Sekarang ini banyak anak petani kopi yang lebih memilih urbanisasi, nggak meneruskan menjadi petani kopi," kata Rio Dewanto, di kawasan Sudirman, Jakarta, baru-baru ini.

Namun, Rio tak bisa menyalahkan keinginan mereka untuk mendapatkan hidup yang layak. "Bukan salah mereka sih, mereka juga ingin mendapatkan hidup yang lebih baik. Cuma alangkah baiknya ketika orang di kota pindah ke industri pertanian," terangnya.

Rio Dewanto (Liputan6.com/Panji Diksana)

Rio pun menceritakan perjalanannya melihat perkebunan kopi di luar negeri. Ia pun membandingkan dengan perkebunan kopi di Tanah Air, ia pun miris. Dan hal itu lagi-lagi karena peran pemerintah.

"Dua minggu yang lalu gue baru balik dari Vietnam, berasa ditampar. Kalau dilihat dari luasnya, kebun kopi mereka tiga kali lebih kecil dari kita, tapi produktivitasnya lima kali lipat," tutur Rio.

sumber foto: Instagram Rio Dewanto

"Faktornya ya kepedulian dari pemerintah untuk bikin irigasi. Mereka bikin satu danau besar, ketika kemarau panjang mereka sudah punya sistem irigasi yang benar," pungkas Rio Dewanto.(Fac/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.