Sukses

Dapat Tekanan Besar, Band Kanada Viet Cong Akhirnya Ganti Nama

Band Viet Cong pun sering batal manggung gara-gara nama kontroversial tersebut.

Liputan6.com, Los Angeles Kata Shakespeare, apalah arti sebuah nama? Namun bagi sebagian orang Vietnam dan sebuah band asal Kanada, Viet Cong, nama berarti segalanya. Band itu terpaksa ganti nama setelah mendapat banyak kritik dan tekanan perihal namanya yang dianggap menyinggung.

Viet Cong (Timeout.com)

"Musik dan seni adalah tentang kreatifitas dan ekspresi. Meski begitu, nama band kami bukanlah tujuan kami (bermusik), jadi kami tak akan memperjuangkannya. Band kami bukan tentang ini," ujar pernyataan resmi band tersebut seperti dilansir NME, Senin (20/9/2015).

Viet Cong (subbacultcha.nl)

Seperti kita tahun, `Viet Cong` merupakan salah satu kubu yang berseteru ketika perang Vietnam berkecambuk tahun 1955 hingga 1970 silam. Bagi sebagian masyarakat Vietnam, menggunakan nama tersebut dianggap menyinggung dan melukai.

Viet Cong (Windishagency.com)

Band Viet Cong pun sering batal manggung gara-gara nama kontroversial tersebut. Terakhir, mereka batal manggung di sebuah universitas di Ohio, Amerika Serikat setelah panitia mendapat komplain dari komunitas Vietnam-Amerika setempat.

Viet Cong merupakan band punk yang terbentuk di Calgary, Alberta, Kanada sejak 2012 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini