Sukses

Majelis Hakim Wajibkan PSK Artis AA Datang Persidangan

Jaksa penuntut umum (JPU) belum juga menghadirkan saksi PSK artis yang diduga berada di bawah asuhan muncikari RA.

Liputan6.com, Jakarta Sidang lanjutan dugaan kasus prostitusi artis yang melibatkan muncikari RA berlangsung singkat. Pasalnya, jaksa penuntut umum (JPU) belum juga menghadirkan saksi PSK artis yang diduga berada di bawah asuhan muncikari RA.

Sebelum menutup sidang, majelis hakim meminta kepada JPU untuk menghadirkan seorang PSK artis berinisial AA untuk menjadi saksi. Artis AA sendiri ikut diciduk polisi dalam malam penggerebekan muncikari RA.

Baca juga: Nama Artis PSK Muncikari RA Terungkap di BAP

Artis AA yang terlibat prostitusi

"Majelis hakim sudah mengeluarkan ketetapan, no.834, pada 22 September 2015. Khusus untuk saksi AA, harus dibawa ke persidangan pada 1 Oktober 2015. Dengan berat hati, majelis hakim harus menetapkan AA dibawa untuk bersaksi," kata kuasa hukum RA, Pieter Ell di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/9/2015) petang.

Selain itu, ada alasan lain mengapa artis AA harus dihadirkan ke pengadilan. Pengacara berambut perak itu menyebut AA sebagai korban tindak pidana kasus prostitusi artis yang dibina kliennya.

"Dalam dakwaan, AA dituduh sebagai korban tindak pidana kasus prostitusi. Lalu, untuk membuat terang kasus ini AA harus dihadirkan. Atas dasar itu hakim menetapkannya, JPU harus melaksanakan perintah itu dengan penuh tanggung jawab," terang Pieter Ell.

Baca juga: Pengacara Muncikari RA Janji Ungkap Politisi Pelanggan PSK Artis

Sebelumnya, mucikari Robbie Abbas (RA), tertangkap di sebuah hotel berbintang di Jakarta Selatan bersama artis AA oleh jajaran Polres Metro Jakarta Selatan, pada 9 Mei 2015 lalu. (Liputan6.com/Panji Diksana)

"Pertimbangannya, AA dulu karena korban perdagangan manusia dalam dakwaan. Karena sudah tiga kali dipanggil tidak datang, ini perintah, jadi wajib datang. Penetapan, jadi harus dilaksanakan," pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, mucikari Robby Abbas alias RA diciduk polisi di sebuah hotel bintang 5 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat 8 Mei 2015. RA ditangkap saat sedang menemani PSK berinisial AA. RA diduga memiliki sekitar 200 daftar PSK bertarif puluhan hingga ratusan juta rupiah. Rata-rata berprofesi sebagai model dan artis. (Ras/Mer)

Baca juga:

3 Artis Cantik Bakal Bersaksi dalam Kasus Muncikari RA

Hakim Perintahkan JPU Hadirkan Saksi PSK Artis Muncikari RA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.