Sukses

Della JKT 48 Diolok karena Salah Artikan Tut Wuri Handayani

Della Delila atau Della JKT 48 membeberkan argumennya. Namun hal itu semakin membuatnya dipojokkan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu personel idol grup JKT 48 bernama Della Delila sedang menjadi pembicaraan hangat netizen di Twitter. Pasalnya, Della dianggap keliru menyebutkan makna Tut Wuri Handayani dalam sebuah statusnya beberapa jam lalu pada Kamis (24/9/2015).

sumber foto: Twitter Della Delila

"Dan aku juga mengenalkan budaya indonesiaa ke mereka. seperti, tut wuri handayani yg artinya walaupun beda tetap satu:)," tulis Della yang saat ini sudah dihapus.

Mungkin maksud Della adalah semboyan Tanah Air yang lain yaitu Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. 

Baca juga: Rahasia 6 Personil JKT 48 Bagi Agar Selalu Ceria

sumber foto: Twitter Della Delila

Status itu membuat remaja 16 tahun tersebut menjadi bahan olokan para netizen. Tak lama kemudian Della mengemukakan argumennya tentang hal itu. Tetapi responnya ini justru membuat semakin banyak netizen yang mencemooh dirinya.

"Engga salah kok artinya:) smua orang kan beda beda cara pikirnyaaaa mandi dulu dehhhh biar pikiran ku makin berdaedah," tulisnya lagi.

Baca juga: Foto Dua Bidadari, Pevita Pearce-Nabilah JKT 48 Selfie Bareng

sumber foto: Twitter Della Delila

Tak butuh waktu lama, tagar TutWuriHandayani langsung menjadi topik populer di Twitter. Namun seorang artis dan komedian Arie Kriting sempat membela Della. "Dedek itu sudah susah-susah ngenalin budaya kita ke Mancanegara. Kalian bisa apa? Paling cuma bisa sikap lilin," tulis Arie.

Tut Wuri Handayani sebenarnya adalah salah satu ajaran Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara. Lengkapnya berasal dari bahasa Jawa Krama Inggil `Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani`. Semboyan yang diajarkan sebagai sifat dasar pemimpin bangsa ini berarti `di depan memberi teladan, di tengah membangkitkan niat atau kemauan, dan di belakang memberikan dorongan moral atau semangat`. (Put/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini