Sukses

Artis-artis yang Sempat Divonis Tak Berumur Panjang

Segala daya upaya dilakukan oleh para artis ini untuk bisa bertahan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Usia memang sudah ditentukan dan diatur oleh Allah SWT. Namun, siapa sangka jika ada beberapa orang yang sempat divonis menderita sebuah penyakit dan diprediksi tidak memiliki umur panjang.

Termasuk salah satunya yang dirasakan beberapa artis tanah air. Mereka yang menderita sebuah penyakit sempat divonis tak berumur panjang. Dengan segala daya upaya, cara apapun dilakukan untuk bisa sembuh. Salah satunya dengan pengobatan diluar kedokteran.

Liputan6.com mencatat beberapa nama yang sempat divonis dokter tak berumur panjang. Siapa sajakah mereka, berikut daftarnya:

Baca juga:

Artis-artis Dewasa Ini Masih Suka Ngompol Lho

Artis-artis Ini Sindir Kelakuan Bella Shofie

Selain Anggita Sari, Artis-artis Ini Juga Ngaku Jadi PSK

Artis-artis Ini Pernah Menjadi Korban Geng Motor

Tak Kelihatan di Layar Kaca, ke Mana Para Bintang Remaja ini?

Dipoligami, Artis-artis Ini Pilih Bercera

Diduga Selingkuh, Artis-artis Ini Turun Pamor?

Artis-artis ini Sempat Berseteru di Media Sosial

4 Artis Cantik Ini Alergi dengan…

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Epy kusnandar

Pemain film dan komedian Epy Kusnendar sempat divonis tak berumur lama, bahkan tinggal 4 bulan lagi di tahun 2012 lalu. Kala itu, Epy diketahui menderita tumor otak. Segala cara pun dilakukan oleh Epy untuk sembuh dari penyakitnya, salah satunya dengan dibantu oleh sahabatnya Jeng Ana.

"Sejak dilatih Jeng Ana pola hidup sehat dengan teratur pula mengatur kerjaan yang datang. Saya juga dikasih obat-obat tradisional dan herbal,” kata Epy.

Aktor komedi itu pun mengaku harus mengikuti semua pantangan dan diet ketat yang diberikan Jeng Ana.

"Dari Biji jenitri, melati tikus, sarang semut. Bagian obat makosten, jadi untuk mematikan tumor itu ada beberapa tanaman obat jenis lebih dari 100 jenis tanaman,"jelas Jeng Ana.

Dengan adanya penyakit tumor tersebut, Epy Kusnandar tersadarkan akan kekilafannya selama hidup. Pemain sitkom Suami-suami Takut Istri itu pun mengambil banyak hikmah dari pengalaman pahit seperti ini.

"Saya menemukan pintu taubat, jadi jangan sembarangan hidup, hidup saya improvisasi terus. Padahal tuhan memberikan sholat 5 kali sehari," ungkap Epy Kusnendar.

3 dari 5 halaman

Cinta Penelope


Artis cantik Cinta Penelope sempat dikabarkan hidup tak lama lagi. Hal ini karena dirinya yang sempat divonis menderita penyakit yang mematikan yakni kekurangan kalium atau hipokalemia stadium 4. Cinta pun sempat pasrah kala itu.

“Untuk apa? Hanya buang-buang energi, waktu, dan uang, mengingat aku sakit dan divonis (hidupku) tinggal tiga bulan lagi," ujarnya.

Di pengujung 2013 Cinta merasa kondisi kesehatannya menurun. Lebih cepat lelah, kepala sakit luar biasa. Hingga awal tahun tanpa sebab jelas, pelantun "Keong Racun" ini jatuh pingsan. Tubuhnya serasa mati rasa.

"Awalnya nggak ada apa-apa. Tapi rasanya badanku kayak mati. Tadinya sehat-sehat saja, tiba-tiba pingsan. Besoknya badan drop. Panas mencapai 39 derajat. Dokter bilang ini bahaya. Harus banyak mengonsumsi makanan mengandung kalium," ungkap Cinta.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, diketahui jumlah kalium dalam tubuhnya di bawah rata-rata. Normalnya 5, kadar kalium Cinta hanya 3,2. "Biasanya, kata dokter, orang yang kadar kaliumnya 3,2 sudah stroke. Sampai 2,6 meninggal," jelas Cinta.

4 dari 5 halaman

Ustad Zacky Mirza

Ustad Zacky Mirza diketahui menderita sebuah penyakit langka yang merupakan keturunan dari orangtuanya. Penyakit kelainan darah ini sempat membuat ustad Zacky divonis tidak akan berumur panjang.

“Jadi nama penyakitnya itu Polisitemivera, yakni kelainan darah dimana produksi sel darah merah berlebihan di tulang belakang,” kata Ustad Zacky Mirza.

Ustad Zacky juga mengatakan jika akibat dari penyakitnya ini, dirinya sempat mengalami gejala pusing dan kelelahan. Tak ada obat yang bisa menyembuhkan, Ustad Zacky hanya disarankan untuk banyak istirahat.

“Efeknya sudah mulai berasa, seperti pusing dan capek. Ini penyakit genetik, hadiah dari Allah. untuk diobatin minim, tapi untuk meminimalisir bisa. Salah satunya harus istirahat,” katanya

Prediksi dokter, usia ustad Zacky Mirza hanya akan bertahan 5 tahun saja.

“Sel darahnya cuma bisa berumur 5 tahun. Tapi ya kita memang harus tegar. Kalau dokter bilang besok meninggal, kalau Allah memutuskan ya saya siap. Saya jadi mikir kalau kita berbuat baik, anggap saja yang terakhir. Saya nggak takut akan mati kok. Kalau harus besok atau nanti malam meninggal saya nggak takut,” ujarnya.

5 dari 5 halaman

Setiawan Djody

Penyanyi Setiawan Djody sempat divonis hanya memiliki harapan hidup 20 persen saja. Hal itu diakibatkan dirinya yang divonis menderita sirosis, dan kerusakan hati.

“Suatu ketika saya harus menjalani operasi. Sebab, kalau tidak dioperasi, esoknya saya diperkirakan sudah meninggal. Harapan hidup saya saat itu disebut tinggal 20 persen," kata Djody.

Setiawan Djody mengakui bahwa kerusakan livernya cenderung disebabkan gaya hidupnya selama ini. Sebab, menurut pemeriksaan dokter, dia terbebas dari berbagai penyakit lain. Tidak ada tumor, kanker, ataupun hepatitis (A, B, dan C). “Jadi, memang karena lifestyle saja," tutur cucu pahlawan nasional Dr Wahidin Sudirohusodo itu.

Olahraga yang ditekuni Setiawan Djody hingga umur yang hampir menginjak 60 tahun terhitung keras. Misalnya, surfing (selancar), panjat tebing, dan traveling. "Main musik juga keras, Kantata Takwa. Lama-lama, jadilah sirosis itu," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.