Sukses

4 Risiko Jadi Artis K-Pop

Tak hanya terkenal, menjadi artis di Korea Selatan ternyata mendapatkan banyak tantangan dan cobaan. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Menjadi terkenal dan kaya menjadi impian bagi beberapa orang. Saat membivarakan mengenai kata artis atau seleb, yang terlintas di pikiran adalah cara mudah untuk mendapatkan semua hal yang membahagiakan di dunia.

Saat berada di publik, semua mata akan memandang. Selain itu, perlakuan khusus juga kerap kali didapatkan, misalnya saat berada di bandara makan kemungkinan besar akan lewat pintu VIP.

Namun keindahan iu ternyata sebanding dengan risiko yang diahadapi sebagai artis, termasuk seleb K-Pop. Fans di negeri ginseng atau penggemar K-Pop memiliki aturan tersendiri yang bisa menentukan hidup dan mati artisnya.

Salah satunya, Jay Park, sempat dikucilkan dari dunia hallyu setelah bergabung dengan 2PM. Jay Park yang lama tinggal di Amerika Serikat sempat mengucapkan kata-kata tak enak dan menyinggung tentang dunia artis KPop. Ia pun keluar dari 2PM pada 2010 silam, sempat mengungsi ke AS untuk menghindari kontroversi lebih lanjut.

Baca juga:

4 Idola Hallyu Ini Curhat Tentang Kariernya yang Tak Mulus

4 Ciuman Tak Terlupakan dalam Drama Korea

4 Gaya Konyol Artis SM Entertainment Saat Raih Penghargaan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tampil Profesional dalam Keadaan Apapun

Tampil Profesional dalam Keadaan Apapun

Sebagai artis, tuntutan tampil profesional selalu datang. Dalam berbagai kesempatan, idola diharapkan bisa menunjukkan kemampuan totalnya dalam keadaan apapun. Meski baru saja mengelami keadaan tak menyenangkan di atas panggung, acara harus tetap dilanjutkan.

Salah satunya, Girls Generation mengalami kesulitan bernapas akibat asap yang keluar dari kembang api yang menjadi properti mereka. Personel Girls Generation yang paling terlihat menderita adalah Seohyun, Taeyeon, dan Hyoyeon. Mereka berusaha tetap tampil ceria dengan senyuman indahnya meski harus berjuang melawan batuk dan sesak napas.

Suara batuk dari mulut mereka masih terdengar melalui microphone. Bahkan, beberapa dari personel Girls Generation juga tetap menjaga vokal mereka meski di tengah kepulan asap.

Selain itu, Girlsfriend beberapa kali jatuh beberapa personel terjatuh di atas panggung akibat hujan yang mengguyur tempat mereka beraksi. Tampaknya, mereka tak bisa menyeimbangkan tubunya saat menari akibat panggung yang licin. Tapi, mereka tetap bersikap profesional dengan melanjutkan penampilan.

Meski tampak menyakitkan karena berkali-kali terpeleset dan jatuh, para personel G-Friend tetap menunjukkan profesional kerja mereka. Terbukti mereka kembali bangkit dan tersenyum melanjutkan penampilan dengan hingga akhir.

3 dari 5 halaman

Berhadapan dengan Penggemar Militan

Berhadapan dengan Penggemar Militan

Menghadapi penggemar adalah hal yang paling menyenangkan bagi artis. Mereka akan mengucapkan terima kasih dan menunjukkan rasa cinta dengan menyapa fans. Sayangnya, beberapa penggemar ada yang sangat berlebihan menanggapi idola. Penggemar tipe ini disebut fans militan atau sasaeng.

G-Dragon merupakan salah seorang idola K-Pop yang sering kebanjiran tawaran menjadi model.

Beberapa dari sasaeng fan dengan nekat menerobos kediaman seleb. Bahkan, ada juga yang mencuri barang pribadi mereka untuk disimpan atau dijual kembali. Salah satunya, dialami G-Dragon yang pernah menemukan beberapa sasaeng fans yang bersembunyi di dekjat kediamannya.

Selain itu, personel EXO yang tampaknya telah kenyang menghadapi sasaeng fans. Penggemar EXO dilaporkan menginvasi kehidupan pribadi personelnya dengan menyelinap ke kediaman EXO. Bahkan, ada juga penggemar yang nekat menyewa sopir pribadi untuk membuntuti EXO.

Akibatnya, EXO sampai harus menunda kegiatannya untuk menghindari penggemar yang semakin histeris. EXO juga harus menyewa pengawal lebih banyak untuk melindungi mereka dari kejaran penggemar

 

4 dari 5 halaman

Menghadapi Komentar Negatif

Menghadapi Komentar Negatif

Menjadi seleb, tak hanya mendapatkan cinta dari penggemar saja, tapi juga diikuti dengan benci dari haters. Entah apa yang menjadi alasan bagi haters--sebutan bagi orang-orang yang membenci idola--muncul. Terkadang haters memenuhi kolom media sosial idola dengan komentar negatif.

T.O.P `Big Bang` memiliki cara unik `membalas` hater yang menyerangnya di akun media sosial. Seperti apa ceritanya?

Salah satunya, yang dilakukan T.O.P dengan mengunggah komentar negatif yang masuk ke akun media sosial miliknya. T.O.P hanya menulis keterangan di foto haters-nya dengan emoticon lucu.

Tampaknya T.O.P melakukan itu untuk mempermalukan haters yang mengganggunya. Tak perlu pusing dengan komentar negatif, cara ini akan membuat haters mendapatkan `senjata makan tuan` karena akan diserang penggemar.

Bahkan, lebih mengerikan lagi beberapa mereka menyebarkan kabar bohong yang menyakitkan hingga membuat imej idola hancur. Wajar saja, jika beberapa seleb menanggapi komentar negatif dengan mengambil jalur hukum yaitu menyeret pelakunya ke pengadilan.

Leeteuk meradang jika komentar negatif atau penyebar fitnah telah sangat keterlaluan. Leeteuk sempat mengancam akan menyeret pelakunya ke meja hijau. Melalui akun media sosial miliknya, Leeteuk mengumumkan, polisi telah menemukan beberapa pelakunya penyebar komentar negatif tentang dirinya.

5 dari 5 halaman

Terus Jaga Imej

Terus Jaga Imej

jaga imej di depan publik adalah senjata utama bagi artis Korea. Mereka tidak boleh tampil jelek atau buruk sat berada di sekitar penggemar. Berbagai cara dilakukan, mulai dari menata cara makan, hingga berjalan. Bahkan, penampilan pun juga harus tampil sesempurna mungkin. Jika ada yang buruk di depan penggemar, komentar negatif hingga cacian pun berdatangan.

Salah satunya yang dialamoi Girl's Day Personel Girl's Day dianggap rakus saat sibuk dengan makanan yang disediakan saat acara. Girlband yang terdiri dari Sojin, Minah, Yura dan Hyeri seharusnya membahas mengenai kehidupan di kampus atau menjawab pertanyaan penggemar. Sayangnya, mereka malah terlihat lebih memperhatikan makanan yang disediakan.

Untuk penampilan, jika ada cela sedikit saja, artis Korea akan terus menjadi sorotan. Hal itu dialami Eunjung `T-ARA` yang jadi sorotan karena bra-nya dianggap mengganggu penampilan.

Saat itu, Eunjung mengenakan gaya pakaian kasual dan sederhana, kaus berlengan panjang dipadukan dengan rok hitam. Namun disamping itu ada pemandangan yang cukup mengganggu, bra yang dikenakan Eunjung seperti tersembul keluar menembus dari balik bajunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini