Sukses

C Man Band Akan Tampil di Festival Jazz di Korea Selatan

Di Korea Selatan, C Man Band akan tampil dengan para alumnus Berklee College of Music Boston.

Liputan6.com, Jakarta Musisi Indonesia terus menunjukkan prestasinya di dunia internasional. Kali ini giliran band jazz C Man Band yang akan tampil dalam 1st Yongin Global Jazz Festival (YGJF) di Korea Selatan pada 17 Oktober 2015.

"Akhirnya kendala dana yang beberapa kali menghalangi langkah saya dan C Man untuk go Asia bisa teratasi. Hal itu semua berkat dukungan Wakil Gubernur Sumatera Utara Bapak T. Erry Nuradi, hingga kami siap menggetarkan panggung Yongin Global Jazz festival (YGJF) pada 17 Oktober 2015," ujar Erucakra Mahameru kepada wartawan jelang keberangkatannya Kamis (15/10/2015) siang.

Erucakra dan C Man Band

YGJF merupakan festival yang dihelat oleh Global Green International Jazz & Culture Exchange Center (GIJCEC). Selain C Man Band, festival yang akan berlangsung di Leading Edge Future City Yongin ini juga akan dihadiri sejumlah band jazz yang terdiri dari para alumni Berklee College of Music Boston. Mereka adalah Jerry Cecco (Professor/Pemain Trumpet Jazz Aretha Franklin), Nana (Jazz Singer dari New York AS asal Korea Selatan), Jin-woo Paek (Direktur Umum Daegu International Jazz Festival asal Korea Selatan) dan Phil Yoon Group (Korea Selatan).

Didukung formasi solid Erucakra Mahameru (gitar/synth dan vokal), Dwiky Syahputra (bass), Heri Syahputra (keyboard/synth dan accordion Melayu), Rusfian Karim (drum dan perkusi rebana Melayu) di panggung YGJF nanti C Man Band akan lebih memperkenalkan komposisi Aranti’s Code dan aliran NeoProgressive Jazz.

Poster C Man Band akan tampil di festival jazz di Korea Selatan

"Kami juga akan memperkenalkan nuansa perpaduan musik Jazz Melayu, Jawa, Batak, Karo Sumatra Utara karena dalam sejarahnya Jazz Korea merupakan turun–temurun dari generasi jazz mainstream BeBop (zaman perang Korea-Era BeBopnya Charlie Parker di kota NewYork AS). Jadi hal tersebut merupakan sejarah panjang NeoProgressive Jazz," ujar Erucakra yang pada tahun 2010 merilis ulang salah satu karyanya yang diaransir oleh Edie Zam berjudul Aranti’s Code di Studio Legendaris Abbey Road London Inggris.

Sebelum membentuk C Man Band pada 2011, pada September 2009 Erucakra Mahameru berhasil memproduksi mini album pertama Jazz MP3 bertajuk Marathon Journey C Man. Menjadikan sebagai Komposer Jazz pertama Indonesia yang mendaratkan karyanya di iTunes/Amazon/emusic/Rhapsody AS dan Eropa (Reverbnation/Marathon Journey Music).

Berkat naik daun single Aranti’s Code, Erucakra membentuk C Man Band yang mengusung genre NeoProgressive Jazz yang langsung mendapat kesempatan menggetarkan panggung Stone Stage Java Jazz Festival 2011 Jakarta. (fei/Gul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.