Sukses

Ronal Surapradja Angkat Bicara tentang Sepak Bola Tanah Air

Ronal Surapradja merasakan perbedaan yang mencolok saat nonton pertandingan sepak bola di Tanah Air dan di Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan Persib Bandung atas Sriwijaya FC Palembang yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta membawa tim asal Bandung meraih Piala Presiden 2015. Lantaran bermain di kandang Persija, bentrok antara pendukung pun tak terelakkan.

Hal itu sangat disayangkan oleh Ronal Surapradja. Baginya, itu merupakan sisi lain yang harus diperbaiki dalam persepakbolaan di Tanah Air agar Indonesia tidak tertinggal jauh dari negara lain. 

Ronal Surapradja (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Ronal Surapradja merasakan perbedaan yang mencolok saat dirinya menyaksikan pertandingan Manchester United (MU) dengan Liverpool, di Inggris. 

"Saya kebetulan baru pulang nonton MU lawan Liverpool di Inggris. Wah kalau mau dibandingan, kita ketinggalan puluhan tahun sama mereka ya. Mulai dari sarana, prasarana, fasilitas, budaya, mental, serta pola pikir, ketinggalan banget deh kita," ujar Ronal saat dihubungi melalui selulernya, Minggu (18/10/2015).

Ronal Surapradja hadir di acara pernikahan Demian Aditya dengan Sara Wijayanto, Kamis (22/5/2014) (Liputan6.com/Panji Diksana).

Pemain film The Wedding dan Bebek Betutu ini prihatin dengan mental suporter sepak bola Indonesia yang kerap melakukan bentrok usai pertandingan.  

"Kalau di Indonesia, tamu dari klub sebelah justru diintimidasi. Kalau di sana, tim tamu dikawal ketat. Disediakan dua blok khusus, dan nggak bisa diganggu gugat. Cela-celaan juga ada kok di sana, tapi sebatas itu saja. Kalau sudah di luar nggak ada bentrok. Indahlah kalau nonton pertandingan di sana," tandas Ronal Surapradja. (Fac/Mer)*

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ronal Surapradja adalah presenter, komedian dan aktor yang sudah malang melintang di dunia entertainment Indonesia.

    Ronal Surapradja