Sukses

Putra Sutradara Hollywood Bergabung dengan Al Qaeda

Salah seorang pejuang Al Qaeda dari kelompok Al-Nusra di Suriah ternyata putra seorang sutradara Hollywood.

Liputan6.com, Jakarta Suriah saat ini diguncang perang. Selain wilayahnya dikuasai pemberintak ISIS dan presiden yang kini masih berkuasa Bashar al-Assar, terdapat pula faksi Al Qaeda di Suriah yang menamakan diri kelompok Al-Nusra.

Dari tanah Suriah, CNN melaporkan salah seorang pejuang Al Qaeda dari kelompok Al-Nusra di Suriah ternyata putra seorang sutradara Hollywood.

 

Baca juga: Lewat Rekaman Suara, Pemimpin Al-Qaeda Ancam Serang AS

Diwartakan Variety, Sabtu (24/10/2015), pejuang Al Qaeda itu muncul dalam video yang diunggah online. Di video itu terdapat sosok pejuang Al Qaeda berkulit putih, bersenjata lengkap, berjanggut dengan aksen Inggris yang kental.

Di video tersebut, pria itu dibilang bernama Abu Basr Al-Britani. Namun, seperti kata CNN maupun Variety, ia sebenarnya bernama Lucas Kinney. Ayahnya ternyata sineas Hollywood bernama Patrick Kinney. Hollywood Reporter menulis, Patrick menjadi langganan film-film besutan Steven Spielberg sebagai asisten sutradara, termasuk Empire of the Sun (1987) dan Indiana Jones and the Last Crusade (1989).

Adegan film Indiana Jones and the Last Crusade. (dok. istimewa)

Ia juga menjadi asisten sutradara film-film klasik masa kini seperti Rambo: First Blood Part II (1985), Out of Africa (1985) dan Braveheart (1995).

Di video yang muncul, terlihat Lucas Kinney yang kini bernama Abu Basir Al-Britani mengkritik tindakan ISIS yang dikatakannya mengebom "rumah-rumah milik kaum Muslim tak berdosa" di sebuah desa di wilayah utara Suriah.

Baca juga: 25 Militan 'Sahabat' Al Qaeda Tewas dalam Ledakan Masjid Suriah

Kepada CNN, pengamat terorisme Paul Cruikshank mengatakan, Lucas "pergi ke Suriah karena merasa yang dilakukannya bagian dari jihad."

Sementara itu, laman Daily Mail mengatakan saat ini orangtua Lucas Kinney sudah tak lagi tinggal bersama. Ibunya, Deborah tinggal di Inggris dan sejak lama berpisah dari suaminya. Ibunya percaya, Lucas jadi Muslim radikal saat tinggal di Wina, Swiss bersama sang ayah.

Di lain pihak, CNN melaporkan, Lucas Kinney pernah sekolah di Kairo, Arab Saudi dan juga Inggris. Ia pernah tergabung dengan band Hannah's Got Herpes. Dikatakan pula sudah bertahun-tahun Lucas dan ayahnya tak menjalin kontak. (Ade/Fir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini