Sukses

Matajiwa Keluhkan Penyalahgunaan `Artis` di Indonesia

Matajiwa merasa jika kata itu telah bergeser dari makna yang sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya penyalahgunaan kata artis ternyata mendapat tanggapan serius dari punggawa Matajiwa, Anda Perdana.

Anda, yang belum lama ini menggelar pertunjukan Matajiwa-matajiwo bersama Sujiwo Tejo, merasa jika kata tersebut belakangan bergeser ke profesi yang tidak seharusnya. Hal itu diungkapkannya tatkala mengisi acara di wilayah Kemang beberapa waktu lalu.

"Kebiasaan orang kita adalah menyalahgunakan kata. Kayak misalnya artis, seharusnya itu kata-kata yang artinya seniman. Tapi di sini malah dipakai untuk selebriti," ucap Anda.

Tak hanya soal artis, Anda juga menyoroti kata 'idealis' yang juga sering disalahartikan oleh sejumlah musisi. Menurut Anda, kata tersebut justru mengacu pada standarisasi.

"Contoh lainnya adalah idealis. idealis kan sebenarnya berarti ideal buat masing-masing, ideal buat lu, ideal buat gua... Komersialisme juga bagian dari sebuah idealisme... Kalau Idiologi, mungkin," lanjutnya.

Album pertama Matajiwa (Source: Instagram.com/matajiwamusic)

Sebagai seorang seniman, Anda punya cara tersendiri untuk mengungkapkan kegelisahannya. Salah satunya bisa dilihat di lagu terbaru Matajiwa, Sisi Sisi, yang terdapat di album pertama mereka.

"Seharusnya kalau kita mau coba untuk berpikir lagi, bisa lebih baik kali ya," tegas Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini