Sukses

Aty Cancer: Pak Raden Seniman Kaya Ilmu

Aty Cancer merasa Pak Raden sudah seperti kakaknya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Aty Cancer sangat berduka dengan meninggalnya Suyadi alias Pak Raden, pencipta boneka si Unyil yang sangat terkenal pada 1980-an. Di mata Aty, Pak Raden merupakan seorang seniman sejati.

Memang hidup Pak Raden selama ini bisa dibilang cukup mengenaskan. Bagaimana tidak, meski telah menghasilkan karya-karyanya yang sangat bersejarah, Pak Raden hidup dengan sederhana. Rumah yang ia tempati adalah rumah sang kakak. Pak Raden bahkan sempat menjual lukisan kepada Presiden Joko Widodo untuk berobat.

Seniman Suyadi atau lebih dikenal Pak Raden saat mendongeng di Festival Dongeng Indonesia, Jakarta, Minggu (2/11/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Namun begitu, di mata Aty Cancer, Pak Raden adalah seniman yang kaya. "Secara materi dia enggak punya apa-apa, tapi dia kaya ilmu. Banyak sekali kesan saya terhadap beliau. Buat saya bukan hanya seorang seniman, juga sebagai abang yang apa adanya," kata Aty ketika ditemui di rumah duka di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (31/10/2015).

Aty mengungkapkan ia bertemu terakhir kali dengan Pak Raden sekitar dua bulan lalu. Saat itu, bintang film Emak Ingin Naik Haji ini melihat kondisi Pak Raden sudah mulai gampang letih lantaran usianya yang sudah 82 tahun.

Pak Raden

"Saat bertemu dua bulan lalu masih sehat. Cuma dia cepat capek itu biasa namanya juga orang tua," ujar Aty Cancer.

Aty berharap almarhum mendapatkan tempat terindah di sisi Tuhan Yang Maha Esa. "Berbahagia di sana. Semoga amal ibadah diterima," ujar Aty. (Pur/fei)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini