Sukses

Kata Alex Abbad Mengapa Film Indonesia Sepi Penonton

Bagi Alex Abbad, kesuksesan sebuah film 40 persen ditentukan oleh sang aktor.

Liputan6.com, Jakarta Industri perfilman Tanah Air sedang ramai dengan hadirnya film-film terbaru, baik genre action, drama mau pun komedi. Namun, tak sedikit dari film yang sudah tayang di bioskop Tanah Air tak mendapatkan penonton seperti yang diharapkan.

Alex Abbad yang sudah memerankan 20 karakter dalam berbagai film mengungkap banyak aspek kenapa film Indonesia tak menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. Salah satu faktornya adalah dalam hal kesempatan jadwal tayang yang terbatas di bioskop.

Kemesraan Alex Abbad dan pasangannya ketika menghadiri ajang Indonesia Movie Award (IMA) 2015 di Balai sarbini, Jakarta, Senin (18/5) malam. (Liputan6.com/Panji Diksana)

"Dilema film nggak laku itu pasti ada. Salah satu aspeknya kayak kurangnya kesempatan untuk jadwal tayang, bisa juga karena budget terbatas," kata Alex Abbad ditemui di kawasan Durentiga, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Namun, mengenai banyak atau tidaknya penonton yang datang ke bioskop juga lantaran persaingan dengan film-film asing yang muncul. Di mata Alex, hal tersebut justru sangat bagus, setidaknya sebagai sebuah persaingan pasar yang sehat. Aspek lain yang diungkapkan bintang film The Raid 2 itu adalah promosi.

Liputan6.com

"Ada film bagus tapi promosinya kurang, jadi banyak orang yang nggak tahu. Atau juga karena filmnya biasa saja tapi promosinya bagus dan gencar, jadi membuat banyak orang yang penasaran dan ingin menonton," paparnya.

Lebih lanjut, Alex mengatakan jika kesuksesan sebuah film 40 persen di antaranya merupakan andil dari seorang aktor. Meski pun aktor hanyalah sebatas wajah jika diibaratkan sebuah kepala.

"Film itu aspeknya banyak. Kami hanya muka, kan ada mata dari juru kamera, ada otak dari sutradara dan jantung dari skrip. Bisa saja sutradaranya bagus tapi skripnya kurang, atau skripnya bagus aktornya kurang, semua serba ketergantungan. Memang 30 sampai 40 persen kesuksesan film ada di aktor," tuturnya.

Alex Abbad [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

Pun begitu, di balik kesuksesan seorang aktor tetap ada sang sutradara yang mengarahkan. Karena sutradara yang lebih mengetahui aktor seperti apa yang cocok dalam sebuah karakter.

"Balik lagi ke kepentingan si pembuat film, apakah mereka membutuhkan aktor yang sudah berpengalaman, sudah punya nama atau yang sudah jelas kalau karakter ini pas dimainkan oleh siapa. Nggak ada salahnya mencoba aktor baru," ujar Alex Abbad. (Fac/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini