Sukses

Festival Musik Blues Meriahkan Lombok

Festival ini merupakan yang pertama kali diadakan di NTB.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Pariwisata provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana menggelar festival  musik Lombok Sumbawa Ethnic Blues Festival (LSEBF) di Epicentrum Mall Mataram. Festival ini merupakan yang pertama kali diadakan di NTB.

Ketua panitia LSEBF, Bambang Kusyanto mengantakan jika pameran musik bergenre klasik ini sengaja digelar di Lombok untuk memperkenalkan kepada warga dan wisatawan yang berkunjung ke Lombok bahwa musik blues juga ada di Lombok.

“Ini semata-semata untuk memperkenalakn blues kepada warga dan wisatawan. Selama ini banyak yang mengira musik nuansa blues ini musik jadul. Dengan Festival besok, warga bisa melihat bagaimana musik blues itu sebenarnya," kata Bambang kepada wartawan di Mataram, Kamis (12/11/2015).

Bambang menambahkan, musik blues yang kebanyak penggemarnya berasal dari mancanegara ini diperkirakan masuk ke Lombok ini pada tahun 2005. Hal itu diketahui dari adanya beberapa komunitas blues yang masih kecil.

"Karena ada beberapa komunitas saja maka dibentuk Lombok Blues Community sebab blues identik bermain musik secara idealis, karena itu akar dari segala jenis musik. Diharapkan dengan pergelaran ini banyak wisatawan yang datang dan betah di Lombok," kata dia.

Sementara itu, kepala dinas Pariwisata provinsi NTB, Lalu Faozal menjelaskan festival musik blues ini sangat penting karena musik blues merupakan bagian dari atraksi seni yang diharapkan bisa membangun pariwisata.

"Ini bisa menumbuhkan pembangunan pariwisata, sebab saat ini pariwisata NTB tidak hanya vokus kepada mendatangkan wisatawan atau visit saja, tetapi menampilkan pesona seperti aksi budaya seni. Festival Blues salah satu diantara itu," kata Fauzal.

Rencananya LSEBF ini akan digelar pada hari hinggu 15 November 2015 selama 10 jam, mulai dari pukul 10.00 WITA, hingga 22.00 malam dengan beragam pergelaran termasuk penampilan budaya dan kerajinan industri asli Lombok seperti kain tenun, gerabah, perak dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini