Sukses

Anime Princess Kaguya dan Giovanni's Island Tiba di Indonesia

Distributor di Indonesia berpeluang menayangkan anime layar lebar Princess Kaguya dan Giovanni's Island.

Liputan6.com, Jakarta Film anime The Tale of the Princess Kaguya dan Giovanni's Island baru saja lulus sensor oleh Lembaga Sensor Film (LSF) untuk bisa tayang di Indonesia. Keduanya merupakan anime berprestasi dengan beragam penghargaan.

Informasi dari situs LSF yang juga disampaikan Anime News Network, Selasa (17/11/2015) ini, turut menyebut bahwa Kedutaan Besar Jepang ikut mendukung pendaftaran dua anime tersebut kepada LSF agar mendapat izin tayang di tanah air.

Akan tetapi, belum ada informasi terkait distributor film Indonesia mana yang akan memutar penayangan filmnya. Bahkan, rencana distribusinya pun belum disampaikan sama sekali.

Di Amerika, anime ini bakal tayang pada 17 Oktober 2014 mendatang.

The Tale of the Princess Kaguya (Kaguya-hime no Monogatari) merupakan film anime garapan Studio Ghibli arahan sutradara Isao Takahata (Grave of the Fireflies) yang diambil dari cerita rakyat Jepang Taketori Monogatari (The Tale of the Bamboo Cutter).

Kisahnya sendiri berpusat pada seorang putri bernama Kaguya yang ditemukan di dalam batang pohon bambu yang bersinar saat masih bayi. Di dalam filmnya, sang ayah tiri menggunakan uangnya untuk membeli sebuah daratan, gelar, dan guru pribadi kepada anak gadisnya supaya bisa menjadi wanita yang sopan. Kaguya lalu menjadi incaran para pria untuk dilamar karena kecantikannya, tapi kehidupan lamanya, dan kekasihnya mengubah itu semua.

Di Amerika, anime ini bakal tayang pada 17 Oktober 2014 mendatang.

Di film box office Jepang, film yang rilis November 2013 ini mampu menjual 222.822 tiket dengan peraihan 284.252.550 yen (Rp 31,8 miliar) di 456 layar bioskop. Filmnya juga meraih nominasi di Academy Awards ke-87 dalam kategori Best Animated Feature Film.

Sementara itu, film anime Giovanni's Island (Giovanni no Shima) arahan Mizuho Nishikubo berkisah mengenai perjalanan dua bersaudara yang tinggal di pulau Shikotan. Meskipun tak terkena dampak perang dunia secara langsung, namun dua bersaudara itu bersama para penduduk pulau dilanda konflik setelah prajurit Rusia tiba di tanah mereka. Tak hanya prajurit, ada juga anak-anak seumuran mereka yang memberikan keduanya pengalaman menakjubkan.

Film anime Giovanni's Island. (theguardian.com)

Walaupun tak masuk nominasi Oscar seperti The Tale of the Princess Kaguya, namun Giovanni's Island menang di berbagai penghargaan film seperti Annecy International Animation Film Festival di Perancis, Satoshi Kon Prize, Fantasia International Film Festival ke-18, dan Nueva Mirada Film Festival. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini