Sukses

REVIEW Konser Iwan Fals, Untukmu Indonesia

Keperkasaan Iwan Fals di atas panggung juga dibuktikan lewat lagu-lagu bernuansa kritik sosial.

Liputan6.com, Jakarta Bila selama ini Iwan Fals akrab dengan pertunjukkan outdoor, suami Mbak Yos itu berhasil mewujudkan mimpinya menghelat konser wangi di dalam ruangan.

Impian itu menjadi nyata dalam pagelaran bertajuk "Untukmu Indonesia" yang dihelat megah di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (21/11/2015) malam.

Iwan naik pentas tepat pukul 20.00 WIB. Meski pendingin udara membuat sejuk venue, Iwan segera menghentak dengan "Pesawat Tempur". Mendengar suara Iwan, tak menyangka kalau ia sudah berusia lebih dari setengah abad. Vokal Iwan masih sangat prima.

Iwan Fals di konser

Keperkasaan di atas panggung juga dibuktikan lewat lagu-lagu bernuansa kritik sosial. Misalnya saja ketika Iwan menyanyikan lagu karya pemimpin Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) nonaktif Abraham Samad dan Bambang Widjoyanto.

Ada cerita di balik syair berjudul "Kalau Takut Jangan" yang disumbang Abraham Samad. Awalnya, beberapa waktu lalu Iwan datang ke KPK untuk berdiskusi soal pemberantasan korupsi di Indonesia.

Iwan Fals di konser

Kala itu, Iwan minta ke Abraham untuk menyumbang syair lagu. Nah, dua hari sebelum konser, Abraham menelepon dan menunaikan janjinya.

Beberapa lagu bertema kritik sosial lainnya pun menggema di venue. Kini, Iwan tak perlu takut lagi menyanyikan lagu-lagu pedas buat pemerintah seperti di zaman orde baru. Bahkan, di sela aksinya, Iwan sempat bercanda dengan penonton.

"Terimakasih sudah malam mingguan bareng-bareng. Buat yang di luar juga terimakasih," ceplos Iwan disambut tepuk tangan. "Ini adalah cita-cita saya waktu tinggal di Condet tahun 1980an," sahut Iwan lagi.

Iwan Fals di konser

Tak hanya Iwan, beberapa musisi lainnya juga ikut memanaskan konser 'Untukmu Indonesia' seperti Edi Kemput dan Rere Reza Grass Rock, Iwa K, Neo, DJ Aldi dan Ome & The People.

Di penghujung konser, pemilik nama asli Virgiawan Listanto itu menutup penampilan dengan lagu anyar 'Untukmu Indonesia'. Total, Iwan membawakan 22 lagu di konser ini. (Jul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini