Sukses

Prihatin, Artis-artis Ini Pernah Nyaris Diperkosa

Para artis-artis yang nyaris diperkosa mengalami trauma yang sangat mendalam.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta belakangan diramaikan dengan peristiwa pemerkosaan yang dialami oleh seorang karyawati saat sedang jalan di jembatan penyebrangan. Kondisi daerah yang sepi menjadi penyebab pemerkosaan terjadi tanpa diketahui masyarakat.

Tak hanya masyarakat biasa, kalangan artis pun juga ada yang mengalami tindakan nyaris diperkosa. Meski tidak terjadi, namun hal tersebut menjadi traumatis tersendiri bagi sang artis.

Siapa sajakah mereka? Liputan6.com merangkum beberapa di antaranya berdasarkan hasil pemberitaan yang ditulis sejauh ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Five Vi

Artis seksi Five Vi mengaku jika dirinya sempat mengalami tindakan pemerkosaan dari seorang pria berkebangsaan India bernama Kumar.

Kejadiannya sendiri terjadi saat Five Vi berada di Hotel Crown Jakarta Selatan. Namun, upaya pemerkosaan itu gagal, lantaran Five Vi melawan.

"Dia jambak saya di depan umum, tangan saya juga dipelintir, dan saya dimaki-maki sebelumnya,” tutur Five Vi kala itu.

Sementara Kumar yang birahinya sudah di ubun-ubun menjadi kalap. Ia menghajar Five Vi hingga memar-memar di wajahnya. Kasus ini dilaporkan Five Vi ke Metro Jaya 4 Juni 2007.


3 dari 6 halaman

Karina Ranau

Artis Karina Ranau juga mengaku nyaris mengalami tindakan pemerkosaan . Dirinya mengaku mengalami kisah pahit saat dirinya ingin memulai karir di dunia entertainment. Istri dari komedian Epy Kusnandar ini mengaku nyaris diperkosa oleh seorang penyanyi yang juga pencipta lagu dangdut terkenal di Indonesia.

Singkat cerita, Karin diminta untuk datang ke rumah sang musisi. Tanpa pikir panjang, Karin pun mendatangi rumah dari pencipta lagu dangdut tersebut. Di sinilah Karin hampir digagahi.

"Dia bilang, saya ngertilah, kamu mau jadi penyanyi kan? Dia sambil ngelus-ngelus tangan dan rambut saya. 'Ayo, katanya. Mukanya kelihatan sudah nafsu banget kesetanan. Aku bingung saat itu. Aku bilang, aku pasrah mau diapain saja. Nggak bisa kabur juga saat itu. Tapi muncul ide dipikiran aku untuk izin ke toilet dulu," kenangnya.

Karin tak menyia-nyiakan kesempatan untuk izin buang air kecil tersebut. Dengan bantuan pembantu rumah tangga, Karin langsung kabur dari rumah tersebut.

4 dari 6 halaman

Ratna Listy

Artis Ratna Listy juga pernah mengalami kejadian yang mengenaskan. Dirinya juga mengaku hampir mengalami kejadian pemerkosaan.

"Dulu waktu awal-awal masuk ke dunia entertainmen, masih coba-coba. Tapi waktu itu masih lugu. Pernah hampir diperkosa sama fotografer sebuah majalah saat pemotretan. Aku dorong, nggak jadi fotonya nggak apa apa," ujarnya mengenang peristiwa pahit yang menimpanya.

Baginya sebagai kaum perempuan harus tegas dan berani melawan apabila diperlakukan seperti itu. Dia juga menghimbau kepada kaum perempuan untuk menghindari pulang pagi agar tak terjadi kejadian yang tak diinginkan.

5 dari 6 halaman

Rieke Dyah Pitaloka

Artis yang juga politisi bercerita jika dirinya juga sempat mengalami tindakan pemerkosaan. Peristiwa tersebut terjadi saat ia masih berumur 18 tahun di sebuah lokasi syuting. Beruntung, sang pemerkosa mengurungkan niatnya saat Rieke berteriak-teriak meminta tolong.

Meski selamat, peristiwa itu meninggalkan bekas mendalam. Rieke menjadi takut untuk melamar pekerjaan atau casting. Ia tak mau kejadian tersebut kembali terulang atau bahkan menjadi korban perkosaan. Setelah beberapa tahun berlalu, Rieke bangkit dan mengajak kaum hawa untuk melawan kekerasan terhadap perempuan.

Menurut Rieke, setiap perlakuan kasar terhadap wanita harus segera dilaporkan ke polisi.

"Jika tidak, kita membiarkan pelaku bebas berkeliaran," jelas lulusan Sastra Belanda Fakultas Sastra Universitas Indonesia ini.


6 dari 6 halaman

Aida Saskia

Aida Saskia mengaku jika dirinya hampir diperkosa oleh seorang produser. Aida yang kala itu masih 'hijau', menuruti ajakan produser untuk rekaman dan malah diperdaya hingga diculik.

"Aku diculik ke rumahnya produser itu. Aku hampir diperkosa. Untungnya aku ditolong sama pembantunya," ungkapnya.

Kejadian empat tahun lalu itu membuatnya sadar akan risiko pekerjaannya. "Banyak yang mandang memang kalau penyanyi dangdut banyak yang nakal," ujarnya.

"Banyak banget yang pernah ngajakin karaokeanlah, jalan, sampai yang tanda kutip ngajak tidur, tapi alhamdulillah aku masih bisa jaga diri sampai sekarang," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.