Sukses

Berkat Filosofi Kopi, Rio Dewanto Raih Penghargaan Pangan Lokal

Aktor Rio Dewanto baru saja meraih penghargaan penggiat pangan lokal di SMESCO berkat Filosofi Kopi yang mengubah pandangannya soal kopi.

Liputan6.com, Jakarta Dipercaya untuk memerankan tokoh Jody dalam film Filosofi Kopi karya Angga Dwimas Sasongko, aktor Rio Dewanto pun mengaku semakin mencintai kopi, khususnya kopi Indonesia.

Menurut sebuah siaran pers yang didapat dari Visinema Pictures, Rabu (25/11/2015), Rio bahkan menerima penghargaan kategori penggiat pangan lokal pada pelaksanaan Konvensi Kopi, Teh, dan Coklat Indonesia 2015 yang diselenggarakan di SMESCO pada Selasa (24/11/2015) lalu.

Selain Rio Dewanto, nama-nama lain yang mendapat penghargaan dari acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Pertanian RI, dan Kementerian Perindustrian tersebut, antara lain adalah Tedja Wahyu, Tazbir, A. Syafrudin, dan Coklat Bombana.

Rio Dewanto menuturkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar. Mulai dari lahan yang luas, hingga tanah dengan kualitas baik, yang membuat rasa kopi menjadi kaya. Penghargaan penggiat pangan lokal yang diterimanya pun semakin memotivasinya untuk bisa memberikan dampak nyata bagi para petani di Indonesia.

sumber foto: Instagram Rio Dewanto

"Saya beberapa kali berkunjung ke perkebunan kopi di Indonesia, ada banyak hal yang perlu diperbaiki. Penghargaan ini mendorong saya untuk kian berkontribusi kepada masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan para petani kopi," ujar Rio.

Selain visi dan misinya di masa depan, Rio juga meluapkan keprihatinannya terhadap generasi petani kopi yang semakin menurun karena kebanyakan dari anak-anak petani yang memilih untuk mencari penghasilan di kota besar.

Rio Dewanto [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

"Semenjak memiliki kedai Filosofi Kopi, saya menjadi lebih peduli kepada petani Indonesia. Kalau kita lihat ke daerah penghasil kopi, sudah sangat sedikit generasi petani kopi. Banyak anak petani kopi yang lebih memilih urbanisasi, nggak meneruskan menjadi petani kopi," tutur Rio.

"Saya juga merasa masih banyak banget permasalahan di perkebunan kopi di Indonesia. Tetapi, saya masih optimis dengan potensi industri perkebunan kita dan saya ingin mendorong petani kopi Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tambahnya secara optimis.

Rio Dewanto salah satu artis pria yang gemar travelling. (sumber. liputan6.com)

Kesuksesan film Filosofi Kopi membuat Visinema Pictures berniat memproduksi sekuelnya yang berjudul Ben & Jody. Sekuel dari film peraih Piala Citra Kategori Skenario Adaptasi Terbaik dan Penyunting Gambar Terbaik FFI 2015 tersebut, rencananya akan dirilis pada tahun 2016.

Dari judulnya saja dapat dipastikan, kalau duet Chicco Jerikho sebagai Ben dan Rio Dewanto sebagai Jody masih akan menjadi kekuatan atau kunci utama dalam film sekuel Filosofi Kopi ini. (Rul/Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.