Sukses

Aktris Pengisi Suara Dekisugi di Doraemon Meninggal

Sumiko Shirakawa, aktris pengisi suara Dekisugi di anime Doraemon dikabarkan telah meninggal.

Liputan6.com, Tokyo - Kabar menyedihkan kembali datang dari dunia anime. Diumumkan bahwa pengisi suara wanita yang pernah terlibat dalam anime Doraemon dan Sazae-san, Sumiko Shirakawa (punya nama lahir Sumiko Shirato), meninggal dunia.

Dilansir dari Anime News Network, Jumat (27/11/2015), kabar ini pertama kali diumumkan oleh pihak agensi pada Jumat. Usia Sumiko Shirakawa saat meninggal dunia adalah 80 tahun.

Menurut pihak yang berwenang, Shirakawa sudah tidak muncul di sesi rekaman anime Sazae-san sejak Kamis. Staf program dan keluarganya kemudian mengunjungi rumahnya. Jenazah Shirakawa yang tinggal sendirian pun ditemukan pertama kali di kamar mandi.

Sumiko Shirakawa, aktris pengisi suara Dekisugi di anime Doraemon. (mydramalist.info)

Pihak agensi Shirakawa mengatakan karena sang aktris meninggal di rumah, seorang dokter ahli jenazah akan memeriksanya dan menginformasikan penyebab kematian dan hal-hal lain.

Shirakawa mengawali debutnya sebagai pengisi suara sejak tahun 1960-an dan sangat dikenal berkat perannya dalam anime Doraemon dan Sazae-san. Ia menyuarakan Dekisugi di anime Doraemon pada tahun 1973 dan 1979 serta beberapa film Doraemon. Di Sazae-san, ia mengisi suara karakter teman sekelas Katsuo, Nakajima-kun.

Anime Sazae-san. (japanupdate.com)

Fuji TV sendiri berencana menayangkan penampilan terakhir Shirakawa sebagai Nakajima-kun dalam episode Sazae-san yang akan mengudara pada 29 November 2015. Fuji TV kini berniat mengadakan audisi untuk peran yang ditinggalkan Shirakawa.

Selain sebagai Dekisugi di Doraemon, selama berkarier di dunia anime, Sumiko Shirakawa juga sempat tampil sebagai Jiro Samon di Kyojin no Hoshi, Ace di Space Ace, Hakase di Shin Obake no Q-Taro, Mitsuru dan Pula di Astro Boy versi 1980, serta Sid Sawyer di Adventures of Tom Sawyer. Gegege no Kitarou, Gatchaman, Himitsu no Akko-chan, Time Bokan, dan Yatterman adalah anime lain yang pernah ia mainkan. (Rul/Fir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini