Sukses

Raline Shah Belajar dari Penderita HIV/AIDS

Bagi Raline Shah, orang penghidap HIV/AIDS layak untuk hidup normal.

Liputan6.com, Jakarta 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Di hari itu banyak orang yang menyampaikan pesan positif berkaitan dengan penyakit HIV/AIDS. Salah seorangnya artis cantik Raline Shah.

Ia coba menyadarkan masyarakat awam untuk tidak menjauhi orang dalam HIV/AIDS (ODHA). Bagi Raline yang seharusnya dijauhi adalah faktor-faktor yang menyebabkan penularan penyakit tersebut seperti penggunaan jarum suntik, narkoba, dan seks bebas.

Raline Shah [Foto: Herman Zakaria/Liputan6.com]

"Kenapa kita kucilkan ODHA? Kalau dia sudah kena, sudah menyesal, dan mau berbuat positif, seharusnya kita memberikan mereka peluang. Karena mereka masih layak hidup kok," kata Raline Shah di Jakarta baru-baru ini.

Untuk membuktikan ucapannya, bintang film Surga yang Tak Dirindukan itu mengaku punya pengalaman langsung berteman dengan ODHA. Raline bahkan sempat memarahi temannya yang memandang negatif tentang ODHA.

"Saya dikenalkan oleh teman, seorang ODHA. Dia bilang 'kamu nggak apa-apa kan saya kenalkan ke teman saya yang ODHA. Kita bareng makan siang'. Aku bilang, 'nggak apa-apa lah kan kita cuma makan siang. Kenapa kamu ngomong gitu? Kamu salah," ujarnya.

Raline Shah (Faisal R. Syam)

"Saya bilang, seharusnya saya kenal dia sebagai manusia biasa, bukan sebagai pengidap penyakit ini atau itu. Lama-lama dia juga bakal cerita kalau percaya saya," tambah Raline Shah.

Setelah berkenalan, Raline justru mendapat banyak ilmu dari seorang ODHA. Meski belum ditemukan obat untuk HIV/AIDS, namun artis 30 tahun itu optimis para ODHA bisa mendapat tempat di masyarakat.

Raline Shah [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

"Akhirnya kami berteman dan aku belajar banyak sisi positif kehidupan dia. Sisi positifnya dia masih bisa senyum, happy, masih olahraga dan suka lari. Mereka menyebarkan apa yang mereka pelajari dengan hidup yang singkat ini," ujar Raline Shah.

"Jadi saya rasa dengan mengenal dia, saya lebih maksimal hidup ini. Karena saya sadar semua orang juga waktunya terbatas," tuturnya. (Ras/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.