Sukses

Hari AIDS Sedunia, Ruben Onsu Ajak Orang Rajin Cek Kesehatan

Menurut Ruben Onsu, tak perlu malu memeriksakan diri untuk penyakit HIV/AIDS.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit AIDS menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Di hari AIDS sedunia yang jatuh setiap 1 Desember, Ruben Onsu mengajak orang-orang untuk lebih peka lagi dengan kesehatannya.

Menurut Ruben, setiap orang harus mau memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit HIV/AIDS. Ruben juga menyarankan agar tak perlu malu untuk memeriksakan diri.

Ruben Onsu (Liputan6.com/Faisal R Syam)

"Jangan malu untuk cek, jangan takut sama dokter, jadi harus mau dicek. Karena HIV juga kena bukan karena seks saja, tapi karena jarum suntik. Jadi harus hati-hati," kata Ruben Onsu ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015).

Menurut Ruben, sudah seharusnya setiap orang mememeriksakan kesehatannya. Sebab dengan begitu ia tahu apa saja penyakit yang bersarang di tubuhnya.

"Tes kesehatan itu wajib. General cek up itu semua jadi kayak kapala kaki, punggung dan tulang. Makanya itu harus wajib lah buat semua," ujar suami Sarwendah ini.

Ruben Onsu memberikan kejutan di hari ulangtahun Sarwendah Tan (Instagram)

Tak hanya mengajak orang untuk sadar akan kesehatan, Ruben juga mengajak setiap orang untuk tidak menjauhi penderita AIDS. Menurut Ruben, penderita HIV/AIDS mempunyai hak yang sama dengan manusia lainnya.

"Hari AIDS tu harus dihormati. Jadi jangan pernah jauhi ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Kita harus kasih penyuluhan ke orang, seperti apa bahanya AIDS," tutur Ruben.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini