Sukses

Single, Membuka Perspektif Baru Para Jomblo

Cerita di film Single tampak lebih segar daripada film-film Raditya Dika sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Raditya Dika siap menutup 2015 dengan tawa. Komika dan penulis buku ini baru saja merampungkan proyek film layar lebar terbarunya yang bertajuk Single.

Berbeda dari film sebelumnya, kali ini Radit coba membangun sebuah cerita yang biasa ia tumpahkan di luar buku-bukunya. Terbukti, rangkaian cerita yang disusun pun terasa lebih kuat dan berwarna dengan lawakan yang lebih kekinian.

Foto adegan film Single (Doc: Soraya Intercine Film)

Masih mengambil tema jomblo, Radit coba mengemasnya dengan perspektif baru. Tak terlalu banyak adegan flashback yang biasa ditampilkan di film-film sebelumnya. Sepertinya, penulis buku Kambing Jantan ini ingin mengajak penonton untuk menatap hidup ke depan.

Meski di awal cerita sempat membosankan, namun Single mampu mencapai alur maksimal hingga adegan terakhir. Karakter Ebi yang diperankan Radit pun terasa lebih natural dan jujur.

Para pemain film 'Single' (Liputan6.com/ Herman Zakharia)

"Film ini menangkap kegelisahan orang single di Indonesia. Kita tuangkan dan komedikan, seperti cerita cowok dan cewek yang abang-adean. Ada cerita anak kosan, ada yang hubungannya dipaksakan. Kita coba bedah di film Single ini," kata Raditya Dika di gala premier film Single di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/12/2015).

"Perspektifnya juga kita bahas, apakah lebih enak single atau pacaran tapi dipaksakan. Hal itu lah yang kemudian menurut kami menarik untuk diangkat," sambungnya.

Hal menarik lainnya, adalah kemunculan wajah-wajah baru yang lebih segar di sekitar Radit. Tokoh wanita pun dihiasi Annisa Rawles, Elvira Devinamira dan juga penampilan khusus Pevita Pearce.

Pemeran Film Single, Annisa Rawles berpose saat melakukan sesi pemotretan di Senyan City, Jakarta, Kamis (12/11/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tak ketinggalan, dua karakter Wawan dan Victor yang diperankan Pandji Pragiwaksono dan Babe Cabiita, makin melengkapi kekonyolan Radit untuk memperebutkan cinta Angel.

Tak lengkap rasanya jika sosok Ebi yang super culun dan katro tak punya saingan. Karakter Joe (Chandra Liow) sebagai saingan Ebi ikut menambah kelucuan film hasil rumah produksi Soraya Intercine Films tersebut.

Perbedaan yang paling menonjol, Radit juga memberikan beberapa adegan ekstrem. Contoh, ketika adegan kejar-kejaran yang berujung diledakkannya sebuah mobil dengan peledak C4 sungguhan. Hebatnya, adegan itu dilakukan hanya dalam satu kali pengambilan gambar.

Pemeran Film Single, Babe Cabita berpose saat melakukan sesi pemotretan di Senyan City, Jakarta, Kamis (12/11/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Ada adegan ceritanya kejar-kejaran, mobilnya terus meledak dan kita cuma lakukan sekali pengambilan gambar. Untuk adegan itu kita persiapkan banget, kita rancang dan gambarkan pakai mobil-mobilan mainan dulu," jelas Raditya Dika.

"Dan mobil yang kita ledakkan itu asli. Kita beli tiga mobil, salah satunya ada yang memang dipersiapkan untuk diledakkan pakai C4. Cerita itu dibuat bukan untuk mencari sensasi, tapi memang sudah ada dari awal yang kita inginkan," ungkap produser film Single, Sunil Soraya.

Film Single bercerita tentang kehidupan anak kos, Ebi (Raditya Dika) yang selalu apes dalam percintaan. Sejak kecil hingga lulus kuliah dan menjadi pengangguran Ebi belum pernah berpacaran.

Pemeran Film Single, Raditya Dika berpose saat melakukan sesi pemotretan di Senyan City, Jakarta, Kamis (12/11/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kegelisahan itu pun hilang ketika sosok Angel (Annisa Rawles) pindah ke kosan yang sama dengan Ebi. Berbagai cara ia lakukan untuk mendapatkan cinta Angel. Mulai dari kejar-kejaran mobil, hingga melakukan sky diving.

Namun, Ebi harus bersaing dengan kakak ketemu gede Angel, Joe yang diam-diam juga menaruh hati. Single rencananya ditayangkan serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 17 Desember 2015. Band Geisha dan d'Masiv pun dipercaya mengisi original soundtrack untuk semakin menguatkan isi cerita. (Ras/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini