Sukses

12 Hari, Star Wars: The Force Awakens Raup US$ 1 Miliar

Film Star Wars: The Force Awakens terus menciptakan rekor baru.

Liputan6.com, Los Angeles - Film Star Wars: The Force Awakens terus menciptakan rekor. Film ketujuh Star Wars tersebut meraup pendapatan US$ 1 miliar (setara Rp 13,6 triliun) atau yang tercepat dibanding film lain sepanjang sejarah.

Dalam catatan Hollywood Reporter, Minggu (27/12/2015), Star Wars: The Force Awakens meraih pendapatan tertinggi saat libur Natal di box office Amerika Utara, yakni US$ 153,5 juta. Di dalam negeri, The Force Awakens sudah mengumpulkan US$ 544,6 juta.

Film rilisan Disney yang diproduksi Lucasfilm itu melewati angka US$ 1 miliar pada Minggu kemarin atau 12 hari setelah tayang. Rekor sebelumnya dipegang Jurassic World yang tayang musim panas kemarin yang mendapat US$ 1 miliar setelah 13 hari tayang. Jurassic World diuntungkan karena tayang berbarengan di AS dan Tiongkok, dua pasar terbesar film saat ini. Sementara itu, Star Wars: The Force Awakens baru akan rilis di Tiongkok awal Januari nanti.

Adegan Daisy Ridley dan John Boyega di Star Wars: The Force Awakens.

Hal ini kemudian membuat orang bertanya-tanya, apa The Force Awakens bakal jadi film terlaris sepanjang masa, mengalahkan Avatar (2009). Film karya James Cameron itu meraup US$ 760,5 juta dari daratan Amerika Utara. Banyak yang percaya, The Force Awakens bakal meraih US$ 1 miliar dari dalam negeri.

Pihak Disney sudah memperkirakan Star Wars: The Force Awakens bakal menghasilkan uang sangat banyak. "Rekor pendapatan yang kami raih jadi bukti filmnya punya fans yang luas," kata Kepala Distribusi Disney Dave Hollis. "Kami tahu banyak orang yang menonton filmnya tiga dan empat kali. Semua orang ingin ambil bagian dari fenomena kebudayaan ini."

Star Wars VII

Mengecek laman Boxofficemojo, hingga saat ini Star Wars: The Force Awakens sudah mengumpulkan US$ 1.090.573.329 dengan rincian US$ 544,573.329 dari daratan AS dan US$ 546.000.000 dari luar Amerika. (Ade)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.