Sukses

Film-film Ini Berisi Akting Terbaik David Bowie

Mari kita simak 12 film yang di dalamnya terdapat akting terbaik mendiang penyanyi David Bowie.

Liputan6.com, Los Angeles - Mendiang penyanyi David Bowie yang baru saja meninggal pada 10 Januari 2016 di New York, AS, ternyata tak hanya piawai dalam hal bermusik. Bowie diketahui memiliki banyak bakat dalam berakting.

Tak hanya itu saja, beberapa film besar Hollywood yang pernah menyita perhatian publik pun melibatkannya sebagai aktor. Kebanyakan film tersebut pun menampilkan akting David Bowie yang didapuk menjadi bintang utama.

Meskipun begitu, ada juga film-film yang hanya menampakkan David Bowie sebagai cameo. Akan tetapi, beberapa cameo masih memperlihatkan aktingnya yang tergolong cemerlang.

Menelusuri film-film apa saja yang menampilkan akting terbaik David Bowie, mari kita simak daftarnya seperti dilansir dari Time.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1976-1983

The Man Who Fell to Earth (1976)

Di film ini, David Bowie berperan sebagai Thomas Jerome Newton yang merupakan karakter utamanya. Ya, The Man Who Fell to Earth adalah film panjang pertamanya sebagai aktor utama.

Sebelumnya, ia pernah menjadi bintang utama di film pendek The Image pada tahun 1969. Film berjenis fiksi ilmiah ini mendapat penilaian yang sangat luar biasa di mata kritikus. Akting David Bowie pun tergolong cemerlang hingga ia memenangkan ajang Saturn Award untuk Best Actor.

 

David Bowie dalam Just A Gigolo. (www.filmlinc.org)

Just A Gigolo (1978)

Just A Gigolo merupakan film produksi Jerman yang menggambarkan suasana pasca-Perang Dunia I. Lagi-lagi di sini David Bowie memerankan tokoh utamanya, seorang petugas Prusia (Jerman).

Dalam film ini, Bowie ditantang menjadi seorang gigolo hingga kariernya terancam saat pihak Nazi bersitegang dengan Komunis yang menjadi salah satu pemicu Perang Dunia II.

 

David Bowie dalam Merry Christmas, Mr. Lawrence. (bandesoriginales)

Merry Christmas, Mr. Lawrence (1983)

Merry Christmas, Mr. Lawrence menjadi film yang menambah pengalaman menarik bagi David Bowie. Dalam film bertema Perang Dunia II ini, Bowie turut berakting bersama musisi Jepang Ryuichi Sakamoto.

Bahkan, di sini juga melibatkan bintang-bintang Jepang lain seperti Takeshi Kitano, Yuya Uchida, hingga Kan Mikami. Perannya sebagai Maj. Jack 'Strafer' Celliers juga menuai banyak komentar positif.

 

3 dari 5 halaman

1983-1986

The Hunger (1983)

Dalam film horor bernuansa erotis ini, David Bowie hanya kebagian sebagai karakter pendukung bernama John Blaylock. Karakter utamanya sendiri dimainkan oleh Catherine Deneuve sebagai Miriam Blaylock, istri dari John.

Walaupun peran Bowie di film ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik, akan tetapi mayoritas pengamat menilai keseluruhan filmnya kurang bisa dinikmati.

 

David Bowie dan aktor lain dalam Into the Night. (milkthefranchise.com)

Into the Night (1985)

Tampil sebagai mafia Inggris bernama Colin Morris, David Bowie hanya menjadi peran pendukung di tengah film. Walaupun ia hanya muncul sebentar, namun Bowie tetap tampil maksimal demi bisa menghidupkan karakternya.

Sayangnya, film ini kurang mendapat sambutan hangat dari para kritikus. Sehingga, banyak pecinta film yang mudah melupakan judul satu ini.

 

David Bowie dalam film Labyrinth. (TriStar Pictures)

Labyrinth (1986)

Tampil bersama Jennifer Connelly, kali ini Bowie memerankan sosok bernama Jareth the Goblin King. Labyrinth sendiri merupakan film berjenis fantasi yang mengangkat nama Jennifer Connelly.

Akting David Bowie dalam Labyrinth boleh dibilang sebagai antagonis yang tergolong mengerikan. Di film ini, Bowie terlihat sangat elegan sambil sesekali bernyanyi.

 

4 dari 5 halaman

1988-1996

The Last Temptation of Christ (1988)

Peran David Bowie sebagai Pontius Pilate dalam film ini memang sempat menyita perhatian banyak pecinta film. Apalagi, Bowie bisa tampak bersahaja di film bertema religi ini walaupun hanya menjadi aktor pendukung.

The Last Temptation of Christ sendiri dibintangi aktor top Willem Dafoe dan turut dimainkan beberapa bintang papan atas lain di kala itu.

 

David Bowie dalam film Twin Peaks: Fire Walk with Me. (New Line Cinema)

Twin Peaks: Fire Walk with Me (1992)

Semakin menua usia Bowie, akting cemerlangnya pun semakin jarang dilirik sebagai bintang utama. Salah satunya ada dalam film Twin Peaks: Fire Walk with Me.

Di film ini, karakter utamanya dimainkan oleh Sheryl Lee dan Ray Wise. David Bowie tampil sebagai Agent Phillip Jeffries yang dikisahkan telah lama tak terlihat dalam cerita film ini.

 

David Bowie dan Jeffrey Wright dalam film Basquiat.

Basquiat (1996)

Basquiat merupakan film biografi tentang mendiang seniman bernama Jean-Michel Basquiat. Filmnya sendiri dibintangi Jeffrey Wright dan David Bowie memerankan Andy Warhol, rekan sekaligus mentor Basquiat.

Tentunya, akting David Bowie sangat dominan dalam film ini. Apalagi Andy Warhol yang meninggal pada 1987, setahun sebelum Basquiat, dikenal sebagai seniman besar.

 

5 dari 5 halaman

2001-2008

Zoolander (2001)

Pada 2001, David Bowie terlibat dalam film komedi satir Zoolander. Dalam film tersebut, Bowie tampil sebagai dirinya sendiri.

Tak hanya Bowie yang menjadi artis cameo sebagai dirinya sendiri. Beberapa musisi dan bintang besar pun turut ambil bagian. Sebut saja Victoria Beckham, Natalie Portman, Paris Hilton, Gavin Rossdale, Winona Ryder, dan masih banyak lagi.

 

David Bowie dalam film The Prestige.

The Prestige (2006)

The Prestige merupakan film arahan Christopher Nolan yang dibintangi oleh Hugh Jackman dan Christian Bale.

Di sini, David Bowie memerankan Nikola Tesla, seorang penemu yang diilhami dari tokoh nyata. Tentu karakter yang dimainkan Bowie sangat vital dan ia tampil sangat baik di sini.

 

Adegan dalam film August yang melibatkan David Bowie. (cineplex.com)

August (2008)

Berperan sebagai Cyrus Ogilvie, August merupakan film terakhir David Bowie dalam memerankan satu sosok karakter. Perannya juga tergolong penting bagi keseluruhan cerita.

Setelah August, Bowie sempat muncul di film musikal Bandslam sebagai dirinya sendiri. Di situ, karakter utamanya bahkan digambarkan sangat mengidolakan David Bowie.(Rul/Mer)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.