Sukses

Tamat, Apa yang Ditinggalkan Sinetron Pangeran untuk Penggemar?

Cerita Pangeran tak memperlihatkan ending. Di closing title bahkan tak ada tulisan "TAMAT", "BERSAMBUNG", "SELESAI".

Liputan6.com, Jakarta - Film layar lebar bertajuk 99% Muhrim: Get Married 5 ditayangkan SCTV, Kamis (14/1/2016) pukul 19:00 WIB. Tayangnya film yang dibintangi Nirina Zubir ini membersitkan pertanyaan pecinta sinetron SCTV benarkah Pangeran sudah tamat?

Ya, Pangeran biasa mengisi slot sinetron pukul 18.30 WIB (biasanya mundur ke 18.45 WIB). Pada Rabu (13/1/2016), di sosmed banyak bertebaran info kalau Pangeran akan tayang dua episode terakhir. Dua bintang utamanya, Ricky Harun dan Nina Zatulini turut mengumumkan via akun Twitter masing-masing.

Setelah Ganteng Ganteng Serigala, Ricky Harun main sinetron terbaru, Pangeran di SCTV.

Namun yang terjadi, cerita Pangeran tak memperlihatkan ending. Di closing title bahkan tak ada tulisan "TAMAT", "BERSAMBUNG", "SELESAI", atau "Sampai Jumpa Lagi", layaknya sinetron yang menayangkan episode terakhir. Hal ini yang membuat penonton setia menanti lanjutannya.

Apa yang terjadi di episode terakhir Pangeran?

Pada tayangan episode 158, dikisahkan Pangeran (Ricky Harun) yang tengah dibully teman sekelasnya, Kandi. Kandi bilang Pangeran bukan anak orang kaya atau pengusaha. Ia adalah anak hasil bayi tabung, dimana orang tuanya tidak jelas. Pangeran tak terima. Ia hendak memukul Kandi, namun dihalangi Ki Maung Bodas.

Pulang ke rumah, Pangeran langsung bertanya pada ibunya. Sang ibu ternyata membenarkan hal ini. Pangeran yang marah lalu bertekad ingin berubah jadi orang jahat saja. Ki Maung Bodas lagi-lagi menahan Pangeran untuk tetap sabar. Pangeran kemudian bersemedi. Di dunia lain, akhirnya ia bertemu Prabu Siliwangi (Ananda George), yang tak lain adalah moyangnya.

Ricky Harun meraih penghargaan sebagai Aktor Utama Paling Ngetop di ajang SCTV Awards 2015. [Foto: Herman Zakaria/Liputan6.com]

Sudah, selesai sampai di situ saja kisah Pangeran. Jujur saja, akhir sinetron yang mulai tayang 10 Agustus 2015 silam ini sangat mengecewakan. Penggemar berat Pangeran pun mengeluhkan kesan tak baik di lini masa sepanjang Rabu malam lalu.

Banyak konflik tak terselesaikan. Banyak adegan yang sudah diselesaikan tapi tak ditayangkan. Tak hanya kisah Pangeran yang berakhir tak jelas. Kisah masa lampau Raden Kian Santang (Edwin Soekmono) pun tak tahu juntrungannya. Menyedihkan rasanya melihat ujung sinetron peraih gelar Sinetron Paling Ngetop di SCTV Awards 2015 ini.

Meski ratingnya naik turun selama dua bulan terakhir, Pangeran masih mempertahankan kualitas cerita sejak awal. Fokus utamanya adalah Pangeran, bocah begajulan yang berusaha diubah jadi baik oleh orang tuanya. Pangeran dikirim ke pesantren untuk belajar agama dan mengubah tingkah laku. Di pesantren, ia malah lebih sering bikin rusuh.

Kisah Pangeran di pesantren juga diwarnai hubungan cinta segitiganya dengan kakak-beradik anak pemilik pesantren; Aida (Nina Zatulini) dan Anjani (Fita Anggriani). Ia juga menemukan fakta jika dirinya adalah keturunan dari Prabu Siliwangi, sang Raja Pajajaran. Dari sini, muncul cerita lampau Raden Kian Santang.

Ricky Harun memperlihatkan dirinya sedang di lokasi syuting Pangeran. (foto: instagram.com/rickyharun)

Pada awalnya, Pangeran berhasil mencampurkan dua cerita masa kini dan masa lampau dengan sama gregetnya. Terbukti, Pangeran merajai rating acara tv selama dua bulan, dari Agustus hingga Oktober. Sebelum akhirnya digerus kehadiran Anak Jalanan dengan gerungan knalpot motor sportnya.

Pangeran mungkin tak sefenomenal Ganteng Ganteng Serigala, yang bisa jadi trendsetter sinetron bertema manusia dan hewan jadi-jadian. Namun, kehadiran Pangeran diapresiasi cukup baik oleh masyarakat, khususnya untuk wilayah Jawa Barat. Banyak yang bilang berkat Pangeran, orang jadi tahu banyak sejarah kerajaan Pajajaran dan mengenal tokoh-tokoh penting di kerajaan terbesar di Tanah Sunda yang terkenal dengan penyebaran agama Islam-nya tersebut.

Dan perlu diingat, sinetron Pangeran juga sukses menaikan profil Ricky Harun, sang bintang utama. Ricky yang sudah berakting dalam kurun 11 tahun terakhir, akhirnya sukses mengangkat piala pertama sepanjang masa baktinya sebagai Aktor Paling Ngetop tahun lalu, menggeser Aliando Syarief, idola ABG masa kini yang juga sempat jadi lawan mainnya di GGS sebelumnya.

Ricky Harun, pemeran Galang di sinetron Ganteng-ganteng Serigala. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Nama Fita Anggriani juga cukup melejit setelah mengeksekusi peran Anjani dengan cemerlang. Saking kerennya akting Fita sebagai Anjani, ia bahkan dapat melenyapkan tokoh Aida yang diperankan Nina Zatulini. Selain itu, ada Ali Fikry pemeran si bocah cilik sakti bernama Badrika. Bocah pecicilan di Pangeran ini bernasib nyaris sama dengan Soni Wakwaw lewat Emak Ijah Pengen ke Mekah tempo hari. Popularitasnya menjulang setelah membuat gemas penonton karena aksinya di Pangeran.

Kini, Pangeran sudah berakhir. Ini jadi sinetron pertama SCTV yang mengakhiri penayangan di awal 2016. Juga jadi sinetron pertama yang berhasil menembus lebih dari 100 episode, tepatnya 158 episode, tanpa memasukan GGS (tayang sejak April 2014-Agustus 2015) dan Diam Diam Suka (November 2013-Februari 2015) dalam daftar total 22 sinetron yang tayang sepanjang 2015.

Sebuah prestasi yang berkesan dan layak dibanggakan. Jadi, penggemar berat Pangeran tak harus bersedih, justru harus bangga, bukan? (Puj/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.