Sukses

Oscar Diboikot!

Boikot dilakukan karena tak ada satu pun aktor dan aktris kulit berwarna yang menjadi nominee penghargaan prestisius ini.

Liputan6.com, Los Angeles Daftar nominasi Academy Awards yang didominasi oleh aktor dan aktris kulit putih mendapat suara keras dari sutradara Spike Lee dan aktris Jada Pinkett Smith. Dikutip dari Reuters, Selasa (19/1/2016), boikot ini dilakukan karena tak ada satu pun aktor dan aktris kulit berwarna yang menjadi nominee penghargaan prestisius ini.

Baca Juga

Kejadian yang sama terjadi tahun lalu sehingga pada pelaksanaan Oscar 2015, muncul tagar #OscarSoWhite yang bernada mencela.

Nominee Oscar 2015 untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik.

"Bagaimana mungkin dua tahun berturut-turut ke-20 penantang untuk kategori pemain terbaik semua berkulit putih," tulis Lee dalam akun Twitter-nya yang diimbuhi dengan tagar #OscarSoWhite.

Sebelumnya, produser Straight Outta Compton's, Will Packer menuliskan pernyataan keras pada akun Facebook miliknya tentang nihilnya nama aktor dan aktris kulit hitam pada daftar nominasi Oscar tahun ini. "Untuk mereka yang marah karena miskinnya keragaman yang sangat tidak masuk akal, yang lagi-lagi ditunjukkan oleh nominasi Oscar tahun ini. Percayalah, aku mengerti hal itu," ujarnya, seperti dikutip oleh The Hollywood Reporter.

Jada Pinkett Smith (Foto : Huffingtonpost)

Chris Rock, komedian yang juga berkulit hitam, bahkan mengeluarkan lelucon sarkas atas pelaksanaan Oscar tahun ini. "The #Oscar. BET Awards untuk kulit putih," tulisnya dalam akun Twitter-nya. Penghargaan BET atau Black Entertainment Television sendiri, adalah penghargaan khusus bagi tokoh berkulit hitam dan minoritas lain yang berprestasi dalam berbagai bidang.

Lucunya, meski mengeluarkan cuitan bernada menyindir, Chris Rock sebenarnya adalah pembawa acara untuk malam penganugerahan Oscar yang akan digelar pada 28 Februari mendatang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini