Sukses

Memutar Kembali 22 Januari, Lagu Romantis Milik Iwan Fals

Mengenang lagu 22 Januari milik Iwan Fals.

Liputan6.com, Jakarta - Para pecinta musik Indonesia era 1970-1980-an tentu sangat mengenal lagu-lagu milik penyanyi legendaris Iwan Fals. Termasuk 22 Januari yang dimuat dalam Sarjana Muda, album terlaris penyanyi bernama asli Virgiawan Listanto ini. Judul lagunya pun sesuai dengan tanggal ditulisnya artikel ini (22/1).

Lagu balada berirama syahdu ini, kental dengan petikan gitar akustik nan indah dari musisi yang memiliki barisan fans OI (Orang Indonesia) tersebut. Bahkan, notasi dan gaya bernyanyi Iwan Fals membuat kita merasakan suasana sendu.

Dari bait ke bait, lagu ini seolah menceritakan kegalauan sang musisi di kala itu. Tapi berbeda dengan tema lagu-lagu galau di masa kini, Iwan Fals saat itu lebih bisa menyampaikan perasaan galaunya secara puitis dan berisi.

 Iwan Fals

Liriknya pun dibuat berkesinambungan seperti sebuah cerita pendek. Ketika tiba di bagian lirik "mendung yang selalu datang" dan "sebentar lagi hujan", hawa seperti itulah yang dirasakan oleh pendengar seperti apa pun cuacanya.

Lirik dan komposisi 22 Januari ditulis sendiri oleh Iwan Fals. Ia merilisnya di bawah bendera Musica Studios bersama dengan album Sarjana Muda pada tahun 1981.

Iwan Fals (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lirik lengkap lagu 22 Januari sejak awal hingga akhir bisa disimak seperti di bawah ini:

22 Januari kita berjanji
Coba saling mengerti apa didalam hati
22 Januari tidak sendiri
Aku berteman iblis yang baik hati
Jalan berdampingan
Tak pernah ada tujuan
Membelah malam
Mendung yang selalu datang
Ku dekap erat
Ku pandang senyummu
Dengan sorot mata
Yang keduanya buta
Lalu kubisikan sebaris kata-kata
Putus asa sebentar lagi hujan
Dua buku teori kau pinjamkan aku
Tebal tidak berdebu kubaca slalu
Empat lembar fotomu dalam lemari kayu
Kupandang dan kujaga sampai kita jemu

Setelah membaca liriknya dan mendengarkan lagunya sekaligus, boleh dibilang kalau 22 Januari sangat menggambarkan suasana di bulan Januari 2016. Apalagi menurut ramalan cuaca hari ini, mendung akan datang dan "sebentar lagi hujan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini