Sukses

Wawancara Khusus dengan Band FLOW Soal Musik dan Anime

Band rock FLOW yang tengah mengisi soundtrack anime Durarara x2, baru saja terlibat wawancara khusus bersama Animax. Seperti apa petikannya?

Liputan6.com, Jakarta - Band rock Jepang FLOW telah didapuk untuk mengisi lagu pembuka serial anime Durarara x2. Lagu mereka yang bertajuk Steppin' Out, kebagian dalam mewarnai chapter 3rd Arc kisah tersebut.

Di sini, kita nanti akan mengetahui komentar dari masing-masing personel terhadap pengisian lagunya untuk chapter terbaru anime tersebut melalui sesi wawancara bersama Animax.

Mengenal FLOW, band rock asal Jepang ini terbentuk pada tahun 1998. Mereka terdiri dari lima personel yang antara lain adalah Yasutaro Goto (bass), Takeshi Asakawa (gitar), Keigo Hayashi (vokal), Koshi Asakawa (vokal), dan Hiroshi Iwasaki (drum).

Sampai tahun 2010, band ini telah merilis 19 buah single dan tujuh album. Di tahun 2001, FLOW merilis single pertamanya yang berjudul Flow #0. Selanjutnya mereka merilis dua mini-album di tahun tersebut secara bersamaan hingga meraih nationwide indie charts yang diadakan oleh 'storm'.

Band rock Flow bakal kembali sebagai pengisi lagu tema anime Naruto Shippuden.

Okuru Kotoba, merupakan cover single pertama FLOW, yang dirilis pada Januari 2003. Single tersebut tetap berada di Oricon indie chart selama tujuh minggu berturut-turut.

Deretan single-single pun bermunculan. Pada tahun 2009, FLOW menampilkan Sign, sebagai opening theme song keenam untuk anime Naruto Shippuden. Pada tahun 2011, FLOW mengeluarkan single terbaru nya yang berjudul Hey!!!, sebagai opening theme shong anime Beelzebub.

FLOW, band pengisi soundtrack anime Naruto.

Tepat pada 25 Februari 2015, FLOW telah merilis album barunya yang berjudul FLOW ANIME BEST KIWAMI, ada beberapa lagu baru di album ini, dan lagu lainnya yang pernah mengisi soundtrack berbagai anime.

Kini lewat lagu Steppin' Out, FLOW mengisi lagu pembuka tayangan serial anime Durarara x2 untuk chapter 3rd Arc di saluran Animax. Animenya tayang perdana pada 10 Januari 2016 lalu, dan akan mengudara setiap Minggu pukul 21.00 WIB.

Anime Durarara. (Animax)

Diadaptasi dari cerita ringan berjudul serupa, Durarara terkenal di kalangan pecinta anime karena kisahnya yang menarik. Setiap kejadian dikisahkan dengan persepektif berbeda, membuat setiap episode seri ini sangat ditunggu-tunggu!

Lantas, bagaimana komentar FLOW soal anime Durarara x2? Simak selengkapnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wawancara FLOW dan bicara soal anime Durarara x2

1. Q: Bagaimana kalian menggambarkan gaya musik kalian?

TAKE: Gaya musik kami dipengaruhi oleh berbagai genre musik. Saya menggambarkannya sebagai gabungan dari semua genre tersebut.

2. Q: Apa lagu favorit kalian pada saat konser?

KOHSHI: Kalau saya BLACK & WHITE. Saya senang dengan kami yang coba untuk menggambarkan dunia yang penuh dengan cahaya dan bayangan melalui lagu. Hal ini juga sangat menyenangkan untuk menentukan lagu tersebut dinyanyikan secara LIVE.

KEIGO: Favorit saya COLORS. Lagu ini salah satu lagu kami yang sangat terkenal bagi para fans di luar negeri. Seperti judulnya, kami akan menerangi panggung dengan cahaya warna-warni yang berbeda, yang membuat seluruh pengalaman menjadi spesial.

IWASAKI: Oh, lagu favorit saya DAYS. Gaya musik lagunya berbeda dari track lagu biasa kami dan kami telah mencoba untuk menggabungkan gaya ke dalam musik kami. Semua penggemar kami akan heboh saat lagu tersebut dinyanyikan, jadi saya sangat senang sekali!

Band Flow saat tampil di Anime Festival Asia 2015. (Copyright ©Anime Festival Asia Indonesia 2015)

3. Q: Kalian berkolaborasi dengan band-band lain seperti GRANRODEO pada waktu itu. Apakah kalian punya keinginan untuk berkolaborasi dengan yang lain untuk ke depannya?

KEIGO: Saat pertama kali kami memulai, kami banyak terpengaruh oleh band, Zebrahead. Kami ingin seperti mereka, jadi akan sangat hebat jika kami dapat berkolaborasi dengan mereka.

GOT'S: Saya ingin berkolaborasi dengan pengisi suara anime yang saat ini kami sedang bekerjasama untuk tema lagunya. Jadi akan seperti sebuah karakter dan band berkolaborasi.

4. Q: Saat kalian tampil bersama di panggung sangat memukau. Bagaimana kalian dapat berkoordinasi di atas panggung dengan sangat baik?

KOHSHI: Kembali lagi pada saat pertama kalinya kami tampil, kami memblok posisi kami di atas panggung dan gerakan koreografi kami selama pertunjukan. Tapi kami sudah melakukan ini bersama selama 15 tahun sampai sekarang, jadi hal itu seperti insting yang natural saja. Kami tahu kemana kami akan bergerak selama pertunjukan.

KEIGO: Ya, kami sebetulnya sudah bersama–sama sejak bersekolah. Di Jepang, kami punya klub setelah pulang sekolah, seperti olahraga, musik, dan lainnya. Kami berada di klub yang sama.

TAKE: Kami bersama setiap waktu, kami makan keluar di tempat yang sama. Saya dan Koishi seperti saudara kandung, tapi semua orang-orang ini adalah saudara-saudara saya.

5. Q: Apa proses untuk menciptakan sebuah lagu secara bersama?

TAKE: Paling sering, kami akan menulis musik dan kemudian menulis lirik. Saat hal tersebut dilakukan untuk kolaborasi anime, kami mengambil inspirasi dari judul dan menciptakan sebuah suara untuk musiknya.

Band Flow saat tampil di Anime Festival Asia 2015. (Copyright ©Anime Festival Asia Indonesia 2015)

6. Q: Pernahkah ada sebuah waktu di mana kalian berharap bekerja untuk anime khusus
tapi hal itu tidak berhasil?

TAKE: Tidak ada yang tidak berhasil…hahahaa… Beruntungnya kami, hal itu belum pernah terjadi pada kami.

7. Q: Bagaimana menurut kalian terhadap gaya musik yang mengalami perubahan sejak debut?

TAKE: Sebagai sebuah band, saya percaya bahwa evolusi adalah faktor terpenting. Jika kami berakhir dengan melakukan hal yang sama, hal itu tidak akan berjalan menyenangkan bagi kami atau para penggemar. Hal itu tidak akan menjadi hal yang menyenangkan bagi semua orang.

8. Q: Apa rasanya mendengar lagu kalian diputar di radio untuk pertama kalinya?

KOHSHI: Hal yang pertama kali terlintas di pikiran adalah – saya menjadi seorang selebriti.

KEIGO: Mendengar suara saya saat lagu kami dimainkan di TV selama anime berlangsung pertama kalinya membuat saya sangat senang. Tapi penampilan pertama kali kami di TV, hal itu sangat gugup.

TAKE: Saat itu, Iwasaki bilang, "Kita tidak akan bisa jalan-jalan keluar lagi!" Saya masih mengingat kecemasan di mukanya.. hahahaaha!

IWASAKI: Saya ingat waktu berkata hal itu, tapi saya sering berhenti di jalan setelah kami selesai penampilan dari TV. Saat itu, benar-benar menyadarkan saya kalau kami telah melakukan debut.

GOT’S: Melakukan debut di TV bukanlah hal yang sering terjadi dalam karir kami, hal tersebut terjadi secara tiba-tiba. Jika kamu tidak familiar dengan acara musik Jepang, Music Station adalah salah satu program musik yang sangat terkenal di Jepang yang telah lama tayang. Saya beranjak dewasa dengan menyaksikan Music Station, jadi bisa tampil di acara tersebut seperti sebuah mimpi. Kami hanya punya peringatan satu minggu sebelum tampil on-air. Saya masih ingat rasa itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini