Sukses

Anime Bertema Pembangunan Masjid Digarap Animator Dragon Ball Z

Animator Parasyte -the maxim- dan Dragon Ball Z: Battle of Gods membantu Shizuoka Muslim Association melalui sebuah anime pendek.

Liputan6.com, Shizuoka - Shizuoka Muslim Association (Asosiasi Muslim Shizuoka), salah satu perkumpulan umat Islam di Jepang, belakangan membuat satu gerakan kampanye untuk mencari dana pembuatan masjid di Prefektur Shizuoka. Uniknya, penggalangan dana dilakukan melalui sebuah anime.

Seperti disampaikan Asahi Shinbun melalui Anime News Network, Sabtu (23/1/2016), video anime tersebut telah disebarkan lewat streaming di situs Jepang oleh komunitas Muslim setempat sejak bulan Juni 2015.

Proses pembuatannya pun tak melibatkan sembarang animator. Sakura Takagi yang menjadi key animation dalam Kill la Kill dan Parasyte -the maxim-, menggarap animasinya bersama Kana Kohno, key animation untuk Dragon Ball Z: Battle of Gods dan Gingitsune.

Ikue Asazaki terlibat dalam mengisi lagu tema anime pendek ini melalui sebuah lagu bertajuk Obokuri~Eeumi. Pihak Sound Effect Lab membantu pembuatan efek suara di dalam videonya.

Dua animator Jepang garap anime demi membantu Shizuoka Muslim Association dalam membangun masjid di Prefektur Shizuoka. (Shizuoka Muslim Association)

Proyek Masjid Shizuoka sendiri dikabarkan bakal memasukkan sekolah Islami, satu perpustakaan multimedia, satu area bermain anak-anak, satu ruang untuk ibadah, toko, satu dapur, dan berbagai akomodasi.

Pihak asosiasi meluncurkan proyek ini sejak tahun 2010, dan berusaha untuk mencari dana sebanyak 300 juta yen (sekitar Rp 35,05 miliar) untuk membangun masjid. Ketika kabar ini telah diketahui media, mereka telah mengumpulkan 20 juta yen, atau sekitar Rp 2,33 miliar.

Dua animator Jepang garap anime demi membantu Shizuoka Muslim Association dalam membangun masjid di Prefektur Shizuoka. (Shizuoka Muslim Association)

Jika jadi dibangun, maka ini akan menjadi masjid ketiga di prefektur Shizuoka. Dua lainnya terletak di Hamamatsu dan Fuji. Prefektur Shizuoka juga memiliki salah satu kuburan Muslim terbesar di Jepang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini