Sukses

Menang Penghargaan di Luar Negeri, Papinka Tak Datang

Band Papinka baru saja mengakui bahwa mereka tak hadir setelah menang di acara penghargaan musik Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta Nama Papinka di dunia musik Tanah Air bukan sesuatu yang baru. Bahkan, fans mereka telah menyebar hingga ke luar negeri. Band pop romantik yang kerap dianggap beraliran melayu ini, telah meraih penghargaan di Malaysia untuk yang ketiga kali.

Band yang digawangi oleh Chevra (vokal), BJ (drum), dan Andre (bass) itu, pada 22 November 2015 lalu, mendapat penghargaan dari Anugerah MACP 2015 untuk Lagu 'Luar Negara: Kategori Persembahan Terbanyak' berkat lagu 'Masih Mencintainya' ciptaan Chevra dan Berry.

"Alhamdulillah, Papinka mendapatkan salah satu penghargaan 'Lagu Luar Negara Persembahan Terbanyak', dalam kategori itu. Kita sih senang. Dari kita sendiri merasa bangga berkat hasil, usaha, dan kerja keras kita selama ini. Keluarga juga setelah dikabarin semuanya senang, karena akhirnya bisa dapet lagi, dan dapet lagi. Harapan kita sih, 2016 ya bisa mendapat penghargaan lagi, Amin," ungkap Chevra kepada Liputan6.com saat bertandang ke SCTV Tower, Selasa (26/1/2016).

Bagi seluruh personel, dorongan dan doa dari orangtua serta orang-orang di sekitar mereka sangatlah besar. "Kami juga bersyukur bisa dapat dukungan orangtua, saudara, fans, dan tak pernah menyangka juga anak daerah bisa mendapat penghargaan dari luar negeri sana. Sangat bersyukur," ungkap Chevra.

(Liputan6 TV)

MACP dikenal sebagai penghargaan bergengsi tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Hak Cipta Malaysia. Selain Indonesia dan Malaysia, terdapat juga perwakilan negara lain seperti Tiongkok, Taiwan, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Inggris.

Anugerah MACP yang digelar tahun 2015 menjadi ajang ke-26. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Multimedia serta berbagai seniman, komposer, hingga pencipta lirik lagu Malaysia. Sayangnya, Papinka tak bisa hadir untuk meraih penghargaan luar negeri mereka yang keempat itu.

Liputan6.com

Chevra menjelaskan, "Kami sudah tahu bakal dapat nominasi. Tapi waktu acara berlangsung, kami tak bisa datang, karena sedang berada di luar kota. Akhirnya, pihak manajemen yang mewakili kami."

Ditanya apa resepnya bisa mengalahkan nominator lain, Chevra dengan rendah hati mengutarakan, "Kalau bisa mengalahkan yang lain, ya kita selama ini sih cuma positif aja. Kayak misalnya ngerjain lagu dan segala macam. Kita berusaha memberikan yang terbaik saja, dan Alhamdulillah kalau menjadi yang terbaik, berarti karya kita dihargai dan diapresiasi."

Grup Band Papinka saat memegang piala di SCTV Tower, Jakarta, (26/01). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sebelumnya, Papinka mendapat penghargaan di Malaysia dari New Way Karaoke dalam kategori '10 Lagu Terbaik' dan '5 Lagu Serantau' pada Oktober 2015. Sampai saat ini, mereka sudah meraih empat penghargaan di luar negeri, yaitu satu dari Hong Kong dan tiga dari Malaysia.

Sejak berdiri di tahun 2010, karya-karya Papinka sudah bisa dinikmati oleh para pendengar musik Indonesia sejak 2011. Band asal Bangka yang berawal dari manggung di satu kafe ke kafe lain itu, juga sukses berkat single-single lain seperti 'Dirimu Bukan Untukku', 'Kau Pilih Dia', hingga 'Hitungan Cinta'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.