Sukses

Pengarang Inuyasha dan Ranma Berpeluang Dapat Eisner Awards 2016

Rumiko Takahashi, pengarang yang karyanya dikenal lewat Inuyasha dan Ranma 1/2, memiliki peluang mendapatkan Eisner Awards 2016.

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah kabar dari Comic-Con International belum lama ini menyampaikan satu hal membahagiakan bagi mangaka Rumiko Takahashi. Pengarang Inuyasha dan Ranma 1/2 itu, telah mendapatkan penghargaan di Eisner Awards.

Dilansir dari Anime News Network, belum lama ini, juri Eisner Awards awalnya memilih dua sosok yang tepat untuk mendapat Will Eisner Comic Awards Hall of Fame tahun ini. Kini, terdapat 14 nominee agar bisa menunjuk empat pemenang.

 

Dua orang yang ditunjuk lebih awal adalah pencipta Human Torch, Carl Burgos dan pencipta Moomin, Tove Jansson. 14 nominee tahun ini yang masuk secara bersamaan adalah Lynda Barry, Kim Deitch, Rube Goldberg, Edward Gorey, Bill Griffith, Matt Groening, Jack Kamen, Francoise Mouly, George Perez, Antonio Prohias, P. Craig Russell, Rumiko Takahashi, Jacques Tardi, dan Herb Trimpe yang adalah co-creator Wolverine.

Mereka yang kini sudah bisa memberikan suaranya secara online untuk empat nominee teratas, antara lain adalah Profesional kreatif yang bekerja di industri komik atau terkait, penerbit, editor, pedagang (pemilik toko buku atau manajer), para pustakawan novel bergambar, dan sejarawan komik / pengajar. Pemilihan dibuka hingga 1 April 2016.

Rumiko Takahashi, pengarang manga Inuyasha dan Ranma 1/2. (giantbomb.com)

Juri Eisner Awards 2016 sendiri terdiri dari jurnalis/ pengulas Brian Doherty, penulis/editor komik Danny Fingeroth, pedagang Jason Grazulis (BSI Comics, Metairie, LA), pustakawan Jason M. Poole (Webster Public Library, Webster, NY), anggota direksi Comic-Con International Natalie Powell, dan akademisi / pakar Carol Tilley (University of Illinois di Urbana-Champaign).

Rumiko Takahashi sendiri telah berkarier selama lebih dari tiga dekade. Ia telahj menghasilkan berbagai karya manga seperti Urusei Yatsura (Lum the Invader Girl), Maison Ikkoku, Mermaid Saga, Rumic Theater, Ranma 1/2, One-Pound Gospel, Inuyasha, hingga RIN-NE.

Inuyasha, Ranma 1/2, hingga Urusei Yatsura (Lum the Invader Girl), buah karya pengarang manga Rumiko Takahashi. (gencomics.es)

Banyak karyanya yang populer secara international dan diadaptasi menjadi anime serta film maupun drama live-action. Sosoknya pernah muncul di Eisner Awards pada tahun 1994 dan 2000. Ia juga menjadi nominee Eisner Hall of Fame 2014.

Selama berada di sana, Rumiko Takahashi mendapat Inkpot Award. Pengarang asal Jepang lainnya yang pernah menjadi nominee Eisner Hall of Fame adalah Osamu Tezuka (2002), Kazuo Koike (2004), Goseki Kojima (2004), dan Katsuhiro Otomo (2012). Sosok internasional yang pernah meraihnya antara lain adalah inspirator penghargaan Will Eisner, komikus Stan Lee, pengarang Moebius asal Perancis, dan Winsor McCay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini