Sukses

Cinta dan Ilmu Hitam di Film Suanggi

Lewat film Suanggi, budaya dari Maluku Utara bisa dikenal hingga tingkat nasional.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Produksi Putra Tidore yang dipimpin Ade Muhammad Nur tengah memproduksi film horor yang diangkat berdasar cerita rakyat dari Tidore, Maluku Utara berjudul Suanggi. Selain horor, film ini juga menyuguhkan drama percintaan.

Suanggi sendiri adalah sebuah ilmu hitam yang berasal dari Tidore. "Film ini sengaja mengangkat tema ilmu hitam yang dibalut dengan budaya setempat. Harapannya, budaya Maluku Utara ini bisa lebih dikenal di tingkat nasional," ujar Ade Muhammad Nur, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Diangkatnya cerita rakyat Indonesia bagian Timur ini, yang kini tengah menjalani syuting adalah sebagai informasi bahwa Suanggi masih ada.

Menurut Ade Muhammad Nur, yang merupakan tokoh muda asal Maluku Utara, film Suanggi juga menyuguhkan drama percintaan.

"Persoalan cinta dan dendam, tidak bisa lepas selama ada kehidupan manusia itu sendiri. Nah, lewat film Suanggi yang diambil dari budaya asli Indonesia Timur ini, juga memiliki pesan moral cukup besar," sambung Ade Muhamad Nur.

Film Suanggi yang bergenre trailer suspance disutradari Amir Gumay. Film ini mengisahkan perkenalan dua anak manusia, yakni Rahazan (Dolly Martin) dari keluarga miskin yang kemudian menjalin cinta dengan Rosen (Fivey Vi) dari keluarga bangsawan.

Five Vi Rachmawati, salah satu bintang di film Suanggi.

Namun ada penolakan dari keluarga Rosen. Akibat dari situ, Rahazan tak terima yang akhirnya menggunakan ilmu hitam suanggi yang dikuasainya.

Film Suanggi dibintangi aktor senior Dolly Martin, Five Vi Rachmawati, Baby Sexyola, Yatty Surachman dll. Film ini rencananya akan tayang pada 2016. (fei/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.