Sukses

Dangdut Academy 3: Icha Tersenggol dari Grup 4

Liputan6.com, Jakarta Lanjutan Konser 'Nominasi Top 21 Dangdut Academy 3' kembali digelar Kamis (11/2/2016) malam. Kali ini giliran Grup 4 dalam Dangdut Academy 3 (D'Academy 3) yang tampil berkompetisi. Grup 4 yang terdiri dari tiga peserta yakni Arin (Cirebon), Icha (Tangerang) dan Boy (Aceh), harus menampilkan aksi terbaiknya untuk bisa lanjut ke babak selanjutnya.

Konser dibuka dengan penampilan  Boy. Dua lagu yang ia bawakan adalah 'Gala-Gala' dan 'Debu-Debu'. Aksi Boy ini mendapat pujian dan kritikan yang seimbang dari para juri.

Menurut Fakhrul Razi yang menjadi juri tamu tadi malam. nyanyian Boy tidak memiliki ciri khas. Ia meminta Boy mencari lagi cara supaya bisa bernyanyi dengan lebih bagus. Bunda Rita Sugiarto menambahkan bahwa suara Boy tidak fals, tapi masih kurang mantap. Ia meminta Boy meningkatkan lagi dinamikanya.

Inul Daratista dan Rita Sugiarto masih menjadi juri untuk ajang D'Academy 3. [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Kontestan kedua yang tampil adalah Arin yang menyanyikan dua lagu, yakni 'Cinta Kepalsuan' dan 'Semua Untukmu'. Meski memuji aksi Arin, Saipul Jamil merasa penampilan kedua seharusnya bisa lebih baik. Terutama, soal akurasi lirik.

Pendapat berbeda diucapkan Bunda Rita. Menurutnya, walau masih ada kekurangan, suara dan penjiwaan Arin sudah bagus. "Arin hanya perlu belajar lebih baik lagi," katanya.

Hal sama dikatakan Inul Daratista. Inul menyebutkan Arin harus memperhatikan satu notasi, dan melatih pernafasan. 

Sementara itu sebagai peserta terakhir, Icha justru tampil tak sesuai harapan. Icha yang membawakan lagu manis 'Hitam Bukan Putih' dan 'Datang Untuk Pergi' itu mendapat banyak komentar dari para juri.

Meski aksi panggungnya dinilai bagus, namun hal ini mengalami penurunan saat musik atau interlude. Ekspresinya yang tak stabil juga mendapat kritikan. Inul menyebutkan, pernafasan dan penjiwaan yang Icha lakukan, hanya dinikmati untuk diri sendiri. Bunda Rita pun memberi nasihat pada Icha untuk lebih banyak mempelajari teknik saat berimprovisasi.

Para Peserta Dangdut Academy 3 berfoto bersama seusai jumpa pers Dangdut Academy di SCTV tower, Jakarta, Kamis (20/01).Peserta Dangdut Academy 3 kali ini berjumlah 36 peserta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Alhasil, Icha pun harus berada di peringkat dua terbawah bersama Boy. Sementara Arin lolos otomatis setelah meraih suara terbanyak dalam polling SMS. Di babak vote terakhir, tiga lampu merah akhirnya membuat Icha benar-benar harus tersingkir dari kompetisi. Boy sendiri hanya mendapat 2 lampu merah dan 3 lampu hijau untuk selamat dan lolos ke babak berikutnya.

'Konser Nominasi Top 21 Dangdut Academy 3' berikutnya akan menghadirkan Grup 5 yang berisi Gandhes, Linda dan jagoan banyak pemirsa, Weni. Ketiga kontestan D'Academy 3 akan tampil malam ini mulai pukul 18.30 WIB dan disiarkan langsung oleh Indosiar dari Studio 5 Daan Mogot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.