Sukses

Lionel Richie Dapat Penghormatan Sebelum Grammy Awards 2016

Penyanyi pop legendaris Lionel Richie baru saja mendapat penghormatan dalam acara dalam acara MusiCares Person of the Year 2016.

Liputan6.com, Los Angeles - Berbagai musikus internasional baru saja memberikan penghormatan khusus kepada penyanyi pop legendaris, Lionel Richie. Di usianya yang ke-66, pelantun tembang 'Hello' itu mendengarkan para penerusnya mendendangkan lagu-lagu yang pernah ia populerkan.

Seperti dilansir Cbslocal.com, Minggu (14/2/2016), lagu-lagu Lionel Richie dibawakan dalam acara MusiCares Person of the Year 2016. Acara yang digelar di Los Angeles Convention Center, AS, pada Sabtu (13/2/2016) waktu setempat itu disebut sebagai malam akhir pekan Grammy Awards ke-58.

 

Rihanna, Usher, Stevie Wonder, dan John Legend memberi penghormatan khusus kepada Lionel Richie dengan pentas musikal. Nuansa R&B yang menjadi ciri khas senior mereka itu didendangkan hingga menimbulkan nuansa ala 1980-an. Mereka bergabung dengan The Band Perry, Demi Lovato, Luke Bryan, Chris Stapleton, dan Ellie Goulding.

Jimmy Kimmel, yang membawakan acaranya, menimbulkan kesegaran tersendiri terhadap acara ini. Bahkan, dilaporkan kalau ia mengenakan rambut Afro sambil meledek kostum Richie di video-video terdahulunya. "Ia mengenakan kostum yang mengerikan," kelakarnya.

Rihanna dikabarkan menyanyikan lagu 'Say You, Say Me', Usher membawakan 'Lady (You Bring Me Up)', dan beberapa musisi lain turut tampil. Sebut saja Lenny Kravitz, Florence Welch, dan Dave Grohl yang menyanyikan versi tak terduga dari hits Richie.

Lionel Richie ketika tampil di Jakarta beberapa waktu lalu. Foto/Liputan6.com : Andrian Martinus Tunay

Kravitz membawakan versi rock dari 'Running With the Night', Welch memainkan 'Dancing On the Ceiling' dengan petikan gitar dan ritme tepukan tangan, dan Grohl yang masih menjadi vokalis Foo Fighters, tampak romantis dengan 'You Are'.

John Legend membawakan lagu Easy dengan piano, sementara Stevie Wonder memberi sentuhan khusus dengan tembang di karier awal Richie bersama Commodores dengan lagu 'Three Times a Lady'. Yolanda Adams dan koor memberi sentuhan khusus hingga membuat penonton berdiri.

Pharrell dan Roots bersama Little Big Town, Leon Bridges, Tori Kelly, dan Corrine Bailey Rae membawakan medley dari tembang klasik Commodores, 'Brick House'. Pemenang Oscar, Kevin Spacey, tak mau kalah. Ia membawakan versi a cappella dari 'Mr. Bojangles'.

Richie sendiri baru saja bersulang untuk prestasi musiknya dan melakukan pekerjaan filantropis dua hari sebelum Grammy Awards. Penyanyi dan penulis lagu itu bahkan mengatakan bahwa usai mencetak hits di awal karier, ia tak menyadari adanya perbedaan bisnis musik antara genre R&B, pop, dan country.

Lionel Richie (Livenation.com)

"Saya tidak tahu bahwa ada kategori sampai saya berjalan ke stasiun radio pada suatu hari dan mereka mengatakan, 'Kami tidak bisa memutar rekaman Anda karena terlalu hitam,'" katanya. "Jadi saya pulang dan menulis 'Easy' dan saya membawanya kembali. Mereka mengatakan, 'Kami tidak bisa memainkan rekaman itu karena terlalu putih.' Saya bingung."

"Slogan di hari-hari itu, 'Lionel Richie menyeberang dan tidak bisa hitam,'" katanya, sambil mengumbar tawa. "Hari ini saya berdiri di sini merayakan semua lagu yang mereka bilang akan merusak karir saya."

Richie lalu melontarkan kata-kata penutup sambil membawakan piano untuk menyanyikan 'Hello'. Acara pun ditutup dengan 'All Night Long (All Night)' yang sempat hits di awal tahun 1980-an. Demi Lovato, Meghan Trainor, John Legend, dan Luke Bryan dijanjikan bakal memberi penghormatan khusus kepada Lionel Richie di anugerah Grammy Awards 2016.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini