Sukses

Berkat Koleksi Saint Seiya, Pria Ini Dapat Rekor Dunia Guinness

Seorang pria mendapat Guinness Book of World Record berkat hobinya mengoleksi pernak-pernik Saint Seiya.

Liputan6.com, Tokyo - Pria asal Peru bernama Jorge Luis Vásquez Flores baru saja mendapat Guinness Book of World Records. Bukan dengan susah payah ia menerimanya, tapi hanya karena hobinya. Vásquez mendapat sertifikat tersebut sebagai 'pemilik koleksi kenangan Saint Seiya terbanyak'.

Dilansir dari Anime News Network, Sabtu (13/2/2016), penghargaan tersebut didapatnya pada bulan lalu. Sebuah foto memperlihatkannya sedang berada di tengah koleksi Saint Seiya miliknya. Tampak banner, action figure, manga, poster, majalah, hingga anime telah dimilikinya.

 

Vásquez diketahui mulai mengoleksi barang-barang terkait anime televisi kesukaannya itu lebih dari 20 tahun lalu. Ia juga telah mengumpulkan koleksi sebanyak 6.688 barang mulai dari action figure hingga magnet berbentuk karakter Saint Seiya.

Koleksi Vásquez's ini nyaris dua kali lipat lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya, Ecatzin Bayardi Rosas dari Meksiko. Rosas mendapat penghargaan dengan gelar serupa pada Oktober 2015. Vásquez sendiri baru memiliki koleksi sebanyak 1.792 barang di tahun 2014.

Seorang pria mendapat Guinness Book of World Record berkat hobinya mengoleksi pernak-pernik Saint Seiya. (Anime News Network)

Saat ini, Vásquez bekerja sebagai seorang pengacara di Peru dan juga menjadi pendiri fans club Saint Seiya terbesar di negaranya, Athena no Seintos. Koleksinya sempat muncul di pameran dan berbagai acara wilayah setempat.

Kepopuleran Saint Seiya di negara-negara Latin memang sangat luar biasa penting bagi franchise tersebut. Perkembangan komunitas di sana berpengaruh besar terhadap pasar penjualan manga, anime, hingga merchandise.

Anime Saint Seiya.

Saint Seiya versi asli dikarang oleh Masami Kurumada yang kemudian dirilis pertama kali di majalah Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha sejak 1985 hingga 1990. Versi anime mengudara pertama kali di televisi Jepang sejak 1986 dan langsung menjadi hits di Eropa, Amerika Selatan, dan seluruh Asia.

Kisah Saint Seiya awalnya bercerita tentang seorang pemuda yatim piatu bernama Seiya yang dilatih di Yunani. Ia lalu menjadi pendekar dan Saint yang mengenakan zirah besi dengan mewakili konstelasi bintang Pegasus.

Cerita pun semakin pelik tatkala teman dekatnya, Saori Kido yang didaulat sebagai dewi Athena, hendak dibunuh oleh para Saint jahat di seluruh negeri. Sehingga, Seiya pun membentuk sebuah kelompok bersama teman-temannya, yaitu Shiryu, Hyoga, Shun, dan Ikki untuk melindungi Athena.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini