Sukses

6 Tribute Musisi yang Telah Meninggal di Grammy Awards 2016

Grammy Awards 2016 memberi penghormatan terhadap para musisi yang telah meninggal dunia dalam kurun waktu 2015-2016.

Liputan6.com, Los Angeles - Ajang Grammy Awards 2016 tergolong sangat istimewa. Selain menjadi spesial bagi rakyat Indonesia karena Joey Alexander, ajang kali ini juga sangat spesial bagi pecinta musik seluruh dunia karena menghadirkan penghargaan atau tribute kepada para musisi yang telah meninggal dunia.

Tercatat, ada enam mendiang musisi yang lagu-lagunya dibawakan kembali oleh para penyanyi serta band yang masih eksis di blantika musik internasional. Lagu-lagu lawas dimainkan kembali dengan gaya masing-masing tanpa merusak akar musik aslinya.

 

Lima dari enam musisi yang mendapat tribute, meninggal dunia dalam kurun waktu 2015 hingga awal 2016 kemarin. Sehingga menjadi kesempatan emas bagi penyelenggara Grammy Awards untuk menghadirkan tema penghormatan di atas panggung.

Penghormatan khusus juga diberikan kepada penyanyi pop R&B Lionel Richie yang kini sudah berusia 66 tahun. Lagu-lagu seperti Easy, Hello, Penny Lover, You Are, Brick House, dan All Night Long (All Night) masing-masing dilantunkan oleh John Legend, Demi Lovato, Luke Bryan, Meghan Trainor, Tyrese Gibson, dan Lionel Richie sendiri. Akan tetapi Richie belum meninggal, dan para penyanyi lebih memberikan sebuah homage ketimbang tribute.

Lionel Richie (Livenation.com)

Kembali kepada tribute di Grammy Awards 2016, jiwa keenam musisi yang telah meninggal terasa hadir di sekeliling panggung Grammy ketika lagu-lagu mereka dimainkan. Apalagi, musisi atau penyanyi yang melantunkannya bukan sosok sembarangan.

Siapa saja mendiang musisi yang menerima tribute, dan siapa yang memainkan kembali lagu-lagu mereka, serta lagu apa saja yang dimainkan? Simak selengkapnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tribute to Maurice White

Tribute to Maurice White

Maurice White adalah vokalis band soul funk Earth, Wind & Fire. Ia meninggal di usia yang ke-74 pada 4 Februari 2016 lalu. Tribute kepada Maurice di Grammy Awards 2016, dihelat paling pertama. Penyanyi Stevie Wonder dan grup a cappella Pentatonix, membawakan lagu hits Earth, Wind & Fire, 'That's the Way of the World'.

Stevie Wonder yang dikenal sebagai musisi tuna netra, melantunkan nada-nada indah tanpa iringan piano. Kali ini, ia berdiri di antara para personel Pentatonix. Tentu saja nuansa soul di penampilan mereka membuat para penonton terkesima.

3 dari 7 halaman

Tribute to Glenn Frey

Tribute to Glenn Frey

Panggung Tribute to Glenn Frey, mendiang gitaris Eagles, menjadi penampilan paling istimewa bagi para penggemar band lawas. Pasalnya, para personel Eagles yang masih bertahan, ikut tampil di panggung tribute untuk gitaris mereka yang meninggal 18 Januari 2016 itu.

Jadi salah satu legend, kamu harus tahu irik lagu Hotel California milik Eagles ini.

Selain itu, dua orang yang pernah terlibat dengan Eagles pun ikut serta mengisi panggung tribute. Mereka adalah mantan gitaris Eagles Bernie Leadon dan penyanyi Jackson Browne. Lagu Take It Easy dilantunkan secara keroyokan oleh ketiga belah pihak.

4 dari 7 halaman

Tribute to Michael Jackson

Tribute to Michael Jackson

Penampilan Miguel di atas panggung Grammy Awards 2016 cukup mengesankan walaupun agak singkat. Lagu yang dibawakannya pun milik Michael Jackson yang telah meninggal dunia pada 2009 lalu.

Miguel (Source: Billboard.com)

Miguel tampil bersama keyboardis Greg Phillinganes sebagai pengiringnya untuk melantunkan lagu She's Out of My Life. Suasana sendu dan haru langsung meliputi lokasi panggung Grammy begitu suara Miguel memecah keramaian.

5 dari 7 halaman

Tribute to David Bowie

Tribute to David Bowie

Lady Gaga menjadi salah satu penyanyi yang paling banyak membawakan lagu tribute di panggung Grammy Awards 2016. Mendendangkan tembang-tembang milik David Bowie, Lady Gaga pun tampil secara total dengan dandanan ala Bowie.

Penampilan Lady Gaga sebelum dimulainya NFL Super Bowl 50 antara Panthers Carolina dan Denver Broncos di Santa Clara, California, Minggu (7/2). Berbalut busana dari Gucci, Gaga itu tampil serba merah seperti bendera negaranya (Al Bello/Getty Images/AFP)

Ada sembilan lagu milik penyanyi yang meninggal 10 Januari 2016 itu dari mulut Lady Gaga. Lagu-lagu yang ia nyanyikan adalah Space Oddity, Changes, Ziggy Stardust, Suffragette City, Rebel Rebel, Fashion, Fame, Let's Dance, dan Heroes. Tak hanya dandanan, suara dan aksi Gaga pun hampir menyerupai reinkarnasi Bowie.

6 dari 7 halaman

Tribute to B.B. King

Tribute to B.B. King

Penyanyi Chris Stapleton yang memenangkan Grammy Awards 2016 kategori Country Album of the Year, tampil membawakan tribute kepada legenda blues B.B. King. The Thrill Is Gone menjadi tembang pilihannya hingga sanggup membius para penonton.

Justin Timberlake  (kiri) bersama Chris Stapleton saat mengisi acara CMA Awards 2015 di Tennessee, Amerika serikat, Rabu (4/11/2015).  Country Music Association (CMA) ini sudah diselenggarakan ke - 49 kali. (REUTERS/Harrison McClary)

Chris Stapleton juga ditemani oleh Gary Clark Jr. dan Bonnie Raitt. Ketiganya menyajikan aksi memukau. Alhasil, jiwa B.B. King yang berpulang pada 14 Mei 2015 itu, serasa tengah berada di panggung Grammy 2016.

7 dari 7 halaman

Tribute to Lemmy

Tribute to Lemmy

Penampilan The Hollywood Vampires dalam membawakan lagu-lagu Motorhead sebagai tribut kepada Lemmy Kilmister, dianggap para pecinta rock sebagai aksi terbaik dan tercadas di ajang tahun ini. Terlebih lagi, Alice Cooper (vokal), Johnny Depp (gitar), dan Joe Perry (gitar) memborong dua mantan personel Guns N' Roses, Duff McKagan (bass) dan Matt Sorum (drum).

Alice Cooper dan Johnny Depp (foto: rollingstone.com)

Tembang As Bad as I Am dan Ace of Spades bergema di atas panggung ini. Sehingga menimbulkan nostalgia yang sangat luar biasa dari para pecinta musik rock. Bahkan, aksi Johnny Depp yang dikenal sebagai aktor pun sangat luar biasa di penampilan tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini